Perubahan Struktur, Warna dan Fungsi Melanofor pada Sisik Ikan Nila (oreochromis niloticus) Setelah Dipapar dengan Kadmium: Sebgai Bioindikator Potensial Pencemaran Kadmium

Agoes Soegianto, - and Trisnadi Widyaleksono C P, - and Bambang Irawan, - (2018) Perubahan Struktur, Warna dan Fungsi Melanofor pada Sisik Ikan Nila (oreochromis niloticus) Setelah Dipapar dengan Kadmium: Sebgai Bioindikator Potensial Pencemaran Kadmium. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (fulltext)
KKC LP.05-19 SOE P.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kadmium (Cd) merupakan bahan pencemar penting di lingkungan perairan. Penelitian kami sebelumnya bahwa Cd dapat terakumulasi pada insang dan mempengaruhi peningkatan kadar metallothionein serta merubah struktur insang ikan nila (oreochromis niloticus) (Nursanti et al. 2017). Penelitian tentang pengaruh Cd terhadap insang sebagai organ osmoregulasi juga telah kami lakukan dan saat ini sedang disubmit di jurnal Zoology dan Ecology (dengan status under review). Setelah mengetahui peran insang sebagai terget pengaruh bahan pencemar khususnya Cd perlu dilakukan penelitian terhadap sisik ikan, mengingat sisik ikan terdapat di bagian luar tubuh dan secara kontinyu berhubungan langsung dengan bahan pencemar yang terdapat dalm air.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC LP 05/19 Soe p
Uncontrolled Keywords: melanofar, ikan nila, kadium, pencemaran
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Agoes Soegianto, -NIDN0003086204
Trisnadi Widyaleksono C P, -NIDN0015126305
Bambang Irawan, -NIDN0004055504
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:28
Last Modified: 05 Apr 2022 07:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114611
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item