Menguak Konsep Dan Nilai Kehidupan Masyarakat Tionghoa Lewat Analisis Wacana Ritual Tahun Baru Imlek

Ni Wayan Sartini, - and Luita Aribowo, - (2005) Menguak Konsep Dan Nilai Kehidupan Masyarakat Tionghoa Lewat Analisis Wacana Ritual Tahun Baru Imlek. Laporan Penelitian. Fakultas Sastra Indonesia, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
2022_03_25_15_37_03.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya konsep hidup masyarakat Tionghoa yang dlacu masuk oleh masyarakat setaln Tionghoa merupakan salah satu Jatar belakang ketertarikan terhadap penelitian lni. Oi samping itu hubungan yang lebih terbuka dengan masyarakat Tionghoa khususnya yang beragama Konghu~ membuat rasa ingin tahu yang mendalam terhadap pandangan dan konsep serta nilai-nUai kehidupan yang dijaJankan oleh tnasyarakata Tionghoa. Sehubungan dengan itu pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian int adalah bagaimana bent~k wacana ritual,tahun baru Imlek dan niIai serta konsep apa yang terkandung di dalam doa. tersebut? PeneJitian ini diIakukan di salah satu kelenteng tua yaitu kelenteng Boen Bio. Sebagai sumber data adaJah doa-doa yang dibaca pada saat perayaan tahun baru Imlek yang sifatnya terbuka. Data dikumpulkan juga lewat wawancara dan penelusuran pustaka. Analisis data bersifat kualitatif karena didasarkan atas suatu persepsi bahwa penelitian ini tebih ban yak bekerja pada tataran reinterpretatif terhdap nital-nnai serta makna-makna dalam semiotika teks dalam hal 1ni wacana ritual Imlek.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP.144/08 Sar m
Uncontrolled Keywords: Menguak Konsep Dan Nilai Kehidupan Masyarakat Tionghoa Lewat Analisis Wacana Ritual Tahun Baru Imlek
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik
Creators:
CreatorsNIM
Ni Wayan Sartini, -UNSPECIFIED
Luita Aribowo, -UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:22
Last Modified: 06 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item