Perubahan Sosial, Migrasi, Dan Politik Identitas: Studi Kasus Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia Di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan Propinsi Kalimantan Timur (Tahun Ke 2)

Lina Puryanti, - and Sarkawi B. Husain, - (2009) Perubahan Sosial, Migrasi, Dan Politik Identitas: Studi Kasus Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia Di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan Propinsi Kalimantan Timur (Tahun Ke 2). Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 LP 198-10 PUR P sdh.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di Pulau Sebatik menunjukkan dinamika masyarakat Sebatik yang amat kompleks dan tidak bisa dilepaskan dari aspek geografis Pulau Sebatik; yang berada di perbatasan Indonesia • Malaysia. Data menunjukkan ketidakmungkinan untuk memaknai konstruksi identitas kebangsaan di wilayah tersebut sebagai bentuk konstruksi yang bersifat tunggal. Kehidupan masyarakat Sebatik yang sedikit banyak tergantung kepada hubungan baik dengan Malaysia sebagai bentuk lived experience di satu sisi, serta kesadaran untuk tetap 'menjaga' bangsa dari satu titik pulau terdepan Indonesia - sebagaimana terlihat dari sikap masyaiakat terhadap peristiwa lepasnya Ligitan - Sipadan dan konflik Ambalat, melahirkan bentuk identitas kebangsaan yang bersifat sangat cair dan tidak bisa disederhanakan hanya menjadi sekedar menjadi 'kami' dan 'mereka'. Negosiasi yang terus berlangsung secara dinamis . tercermin dengan kuat dari berbagai bentuk narasi lokal warga Sebatik. Pulau Sebatik sebagai sebuah wilayah transnasional dan melahirkan'imagined community' sebuah bangsa yang bersifat sangat khusus karena terbentuk dalam model koneksi ekonom~ sosial, dan budaya yang tidak ditemukan di wilayah lain yang bokan perbatasan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 198/10 Pur p
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial; migrasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Lina Puryanti, --
Sarkawi B. Husain, --
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:36
Last Modified: 07 Apr 2022 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item