Wacana Seksualitas Perempuan Madura: Studi Pada Kaum Perempuan Urban dan Rural Madura

Suko Widodo, - and Rachmah Ida, - and Yuyun WI Surya, - (2005) Wacana Seksualitas Perempuan Madura: Studi Pada Kaum Perempuan Urban dan Rural Madura. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian/ Studi Kajian Wanita Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
1. KKB LP 103 08 Wid w.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah seksualitas merupakan masalah yang cukup pelik. Di satu sisi masalah ini merupakan kessekuensi logis dari perkembangan seksual manusia yang harus dijalani. Namun, di sisi lain, banyak ragam norma social kemasyarkatan yang turut mengkontruksi dan mengatur seksualitas baik terhadap individu ataupun kelompok. Dalam setiap budaya, seksualitas manusia diarahkan dan bahkan kadang diberi struktur yang sangat kaku. Tak terkecuali dalam komunitas perempuan Madura yang menjadi setting penelitian ini. Nilai-nilai keperawanan, konsep aurat perempuan, paham-paham kepantasan pergaulan lelaki dan perempuan, perkawinan, larangan terhadap seks di luar nikah, incest sampai persoalan homoseksualitas semuanya memperoleh aturan yang tegas dan ditularkan secara budaya dari generasi ke generasi. Alaih-laih memahami sebagai sebuah regulasi atas seksualitas perempuan, para perempuan Madura yang menjadi informan penelitian ini kebanyakan memahaminya sebagai sebuah upaya perlindungan terhadap hak-hak dan kehormatan kaum perempuan. Meski ada sebagian kecil yang menyatakan sebagai sebuah kebiasaan di masyarakatnya yang berlandaskan agama dan kalau dilanggar akan berakibat buruk secara social.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 103/08 Wid w
Uncontrolled Keywords: Seksualitas; Perempuan Madura; Perempuan Urban dan Rural Madura
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Suko Widodo, -NIDN0004026405
Rachmah Ida, -NIDN0024056901
Yuyun WI Surya, -NIDN0005087104
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:56
Last Modified: 06 Apr 2022 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114631
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item