Optimasi Kondisi Amobilisasi Glukoamilase Menngunakan Padatan Pendukung Bentonit Bentuk Ion Untuk Konversi Pati Menjadi Glukosa

Afaf Baktir, - and Sri Sumarsih, - and Hamami, - (1995) Optimasi Kondisi Amobilisasi Glukoamilase Menngunakan Padatan Pendukung Bentonit Bentuk Ion Untuk Konversi Pati Menjadi Glukosa. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text
2022_03_28_14_12_55.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produksi gula dari bahan baku pati masih diperlukan untuk mencukupi kebutuhan gula di Indonesia. Di industri, konversi pati menjadi glukosa dikerjakan secara enzimatis. yang melibatkan glukoamilase. Dalam hal ini enzim dapat digunakan dalam bentuk 1arut (mobil) atau bentuk tidak larut (amobil). Pemakaian enzim amobil merupakan terobosan baru yang sedang berkembang saat ini karena sangat ekonomis, yaitu memungkinkan penggunaan ulang enzim dan proses konversi secara sinambung. Salah satu cara pembuatan enzim amobil yang mudah dan aman bagi enzim, adalah pengikatan enzim secara ionik pada resin yang harganya mahal dan sukar didapatkan. Bentonit merupakan tanah lempung yang murah dan mudah diperoleh, dapat memiliki sifat seperti resin bila diaktivasi. Penelitian ini bertujuan menentukan perlakuan dan kondisi optimum untuk pengikatan glukoamilase pada bentonit, dan meneliti kemampuan glukoamilase amobil yang diperoleh dalam menghidrolisis pati. Dilakukan tiga cara aktivasi bentonit, sehingga diperoleh tiga jenis bentonit, yaitu bentonit aktit (berkemampuan mengadsorpsi secara fisik ).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK 547.781 3 Bak o-2
Uncontrolled Keywords: Amobilisasi Glukoamilase, Padatan Pendukung Bentonit, Bentuk Ion, Konversi Pati Menjadi Glukosa
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Afaf Baktir, --
Sri Sumarsih, --
Hamami, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIED-, --
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:14
Last Modified: 06 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114633
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item