Penggunaan Variasi Bahasa Dalam Khotbah Salat Jumat Berdasarkan Stratifikasi Sosial Jamaah Di Masjid-Masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur : Suatu Kajian Sosiolinguistik

Eddy Sugiri, - and Syamsul Sodiq, - and Ali Yusuf, - (2018) Penggunaan Variasi Bahasa Dalam Khotbah Salat Jumat Berdasarkan Stratifikasi Sosial Jamaah Di Masjid-Masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur : Suatu Kajian Sosiolinguistik. Laporan Penelitian. FAKULTAS ILMU BUDAYA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
2022_03_18_08_08_37.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ringkasan Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan variasi bahasa dalam wacana khotbah salat Jumat di masjid-masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur dan (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk variasi bahasa dalam khotbah salat Jumat berdasarkan stratifikasi sosial jamaah di masjid-masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan setting apa adanya (natural setting) yang pada dasamya mendeskripsikan secara kualitatif dalam bentuk kata- kata dan angka-angka hanya digunakan untuk memperkuat data. Objek penelitian ini wacana lisan khotbah salat Jumat di masjid-masjid Wilayah Provinsi Jawa Timur yang terdiri atas Wilayah Madiun, Jombang, Surabaya, Bangkalan, dan Jember. Teknik penarikan sampelyang digunakan adalah purposive sample. Setiap wilayah kota/kabupaten diambil satumasjid pada waktu salat Jumat. Telcnik/metode pengumpulan datanya mcnggunakan teknikrekam dan teknik catat. Selain itu, teknik wawancara bebas juga dilakukan kepada 10 jamaahsalat Jumat pada setiap masjid. Jadi, jumlah informan scbayak 100 orang jamaah. Metode pengumpulan data Simak Bebas Libat Cakap juga digunakan dalam penelitian ini. Data-datatersebut diklasifikasikan, dianalisis, kemudian disimpulkan. Hasil penelitian membuktikanbahwa wacana kotbah salat Jumat di masjid-masjid di wilayah Propinsi Jawa Timur menggunakan ragam bahasa campuran, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan Bahasa Arab. Sedangkan, di wilayah kota bahasa yang digunakan dominan bahasa lndonesia dan bahasa Arab. Bahasa Jawa halus cenderung digunakan di wilayah pedesaan. Secara umum para jamaah sudah dapat memahami isi khotbah salat Jumat.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 76/19 Sug p
Uncontrolled Keywords: ragam bahasa; kotbah; salat Jumat; Sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Eddy Sugiri, -NIDN0008055503
Syamsul Sodiq, -NIDN0013026601
Ali Yusuf, -NIDN00270872116
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 08 Apr 2022 05:13
Last Modified: 08 Apr 2022 05:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item