Wanita Dan Kebijakan Pembangunan: Studi Tentang Peran Wanita Dalam Pengambilan Keputusan Publik Di Pemerintahan Kota Surabaya

Lina Puryanti and Listiyono Santoso and Eni Sugiati (2002) Wanita Dan Kebijakan Pembangunan: Studi Tentang Peran Wanita Dalam Pengambilan Keputusan Publik Di Pemerintahan Kota Surabaya. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN UNAIR, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text
KKB 353 535 Pur w.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian yang menyajikan data secara deskriptif dan bersifat kualitatif. Penelitian bcrusaha mengungkapkan komposisl pembagian kerja pada struktur birokrasi di Pemkot Surabaya serta peran dan keterlibatan wanita. utamanya PNS wanita dalam seliap pengambilan kcbijakan publik (keputusan publik) di Pemkot Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk keterlibatan wanita datam pengambilan kebijakan publik di Pemkot Surahaya serta mengetahui komposisi pembagian kerja antara laki-laki dan wanita dalam struktur birokrasi Pemkot Surabaya berkaitan dengan keadilan jender. Diharapkan peneiitian ini dapat mengungkapkan berbagai bentuk partisipasi yang diiakukan wanita dalam setiap pengambilan keputusan publik dan mcmberi masukan bagi upaya meminimalisasi proses marginalisasi peran wanita di sektor publik. Selama ini terlanjur ada pemahaman bahwa setiap bidang kerja seolah-olah tidak menyangkut problem kecakapan melainkan lebih pada problem jender. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan data dan bersifat kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah: a) teknik dokumenter dengan memanfaatkan dan mencari data informasi dari media atau studi literatur, b) teknik wawancara dengan melakukan tanya jawab yang bersilat indepth interview kepada 9 orang informan PNS wanita yang menduduki jabatan publik sekitar 20 orang informan pegawal biasa, baik laki-laki maupun perempuan, c) teknik observasi, yang merupakan pengamatan langsung terhadap subyek penelitian di lapangan oleh peneliti, yang dimaksudkan unfuk melihat kondisi riil sebenarnya di lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 353 535 Pur w
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pembangunan Kota; Peran Wanita; Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Lina PuryantiUNSPECIFIED
Listiyono SantosoUNSPECIFIED
Eni SugiatiUNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:28
Last Modified: 06 Apr 2022 04:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114682
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item