Kajian Potensi Pemakaian Struktur Kalimat Non Imperatif dan Performatif Untuk Fungsi Direktif Dalam Tindak Tutur Bahasa Jawa

Nur Wulan, - and Moch. Jalal, - and Puji Karyanto, - (2005) Kajian Potensi Pemakaian Struktur Kalimat Non Imperatif dan Performatif Untuk Fungsi Direktif Dalam Tindak Tutur Bahasa Jawa. Laporan Penelitian. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
6. KKB LP 105 08 Wul k.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah gambaran umum penggunaan struktur kalimat bukan inperatif atau performatif untuk fungsi direktif dalam tindak tutur bahasa jawa? (2) Selain imperative dan performatif, modus-modus kalimat apa saja yang bisa digunakan sebagai fungsi direktif dalam tindak tutur bahasa Jawa? Secara umum pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penggunaan modus-modus direktif selain konstruksi imperative dan performatif dalam tindak tutur bahasa Jawa. Untuk itu, hal-hal yang menjadi tujuan pengungkapan persoalan penelitian ini meliputi penjabaran cara pengungkapan bentuk-bentuk kalimat bukan imperative atau performatif untuk fungsi direktif dalam tindak tutur bahasa Jawa dialek Surabaya. Eksplorasi berbagai modus penuturan yang sering digunakan untuk fungsi direktif dalam tindak tutur bahasa Jawa, yang bukan merupakan penuturan imperative dan performatif.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 105/08 Wul k
Uncontrolled Keywords: Struktur Kalimat Non Imperatif dan Performatif ; Fungsi Direktif ; Tindak Tutur Bahasa Jawa
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Nur Wulan, -NIDN0019127003
Moch. Jalal, -NIDN0010086905
Puji Karyanto, -NIDN002036903
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:14
Last Modified: 06 Apr 2022 06:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114701
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item