Budaya Patriarkhat Pada Masyarakat Feodal Jawa (Kajian Historis: Naskah Serat Wulang Reh Putri, Serat Darma Duhita, Serat Wawa Jayeng Sastra)

Eny Sugiharti, - and Dwi Handayani, - and Sri Ratnawati, - (2002) Budaya Patriarkhat Pada Masyarakat Feodal Jawa (Kajian Historis: Naskah Serat Wulang Reh Putri, Serat Darma Duhita, Serat Wawa Jayeng Sastra). Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB 907.2 SUG B.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian sejarah Indonesia tentang budaya patriarkat pada masyarakat lawa ditinjau dati sumber-sumber tradisional lav,m. Pada abad ke - 19 budaya patriarkhat rnasih berkembang di dalam masyarakt feodal Jawa. Pada masa itu kekuasaan laki-Iaki sangat domitian terhadap perempuan. Penelitian yang berjudul Budaya patriarkhi Pada Masyarakat Feodal Jawa (Kajian Historis; Naskah Serat Wulang Reh Putri, Serat Darma Duhita, Serat Wara Ratna, serat Jayengsastra) merumuskan permasalahan : Bagaimana budaya patriarkhat masyarakat Jawa pada abad ke 19 ditinjau dari serat wulang reh putri, Serat Darma Duhita, Serat Wawa Ratna dna serat Jayengsastra. Penelitian in; bersifat deskriptif, yang memaparkan fenomena sosial yang ada pada masyarakat Jawa. Metode yang di gunakan adalah metode sejarah yang rneliputi, heuristik, kritik sumber, interpretasi leks, dan histonografi. Hasil yang diperoteh dalam penelitian tentang budaya patriarkhat pada masyarakat Jawa di rinjau dari naskah Scrat Wulang Reh Putri, SeraI Danna Duhita, Serat Wara Ratna dan Serat Jayengsastra sebagai berikut Ditinjau dari segi sosial bahwa. ada domioasi. Kedudukan social laki-laki lebih tinggi dan wanita. Wanita sering dianggap sebagai obyek barang rnilik laki-laki. Perkawinan poligamy diperbolehkan hanya untuk laki-laki , sedangkan wanita perkawinan harus monogamy. Wanita Jawa ditutut untuk mempunyai sifat pasrah ing Pandum menerima kehendak dan keinginan dan laki-Iaki. Dalam kehidupan agama Wanita jawa seolah-olah menjadi obyek penyerta dcngan adanya ungkapan wanita Swarga nutut neraka nutut.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 907.2 Sug b
Uncontrolled Keywords: Literature, Histories, Culture,Sastra
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
L Education > LA History of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Eny Sugiharti, --
Dwi Handayani, --
Sri Ratnawati, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:53
Last Modified: 06 Apr 2022 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item