Strategi Pengembangan Wisata Sejarah Pulau Madura Melalui Analisis Swot

Muryadi, - and Sukaryanto, - and Edy Budi Santoso, - (2002) Strategi Pengembangan Wisata Sejarah Pulau Madura Melalui Analisis Swot. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB 959 8 Mur s.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengungkap mengetahui strategi pengembangan wisata sejarah di Pulau madura me1alui analisis SWOT. Dalam pene1itian ini akan dianalisis factor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancamannya. Masalah yang diteliti meliputi: (1) Bagaimana sejarah Pulau Madura yang selanjutnya mempengaruhi karakteristik dalam peninggalan-peninggalan sejarahnya; (2) Objek sejarah mana saja yang dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata sejarah di Pulau madura; (3) Kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman apa saja yang dijumpai dalam pengembangan objek wisata di Pulau Madura; (4) Strategi yang bagaimana yang harus ditempuh dalam rangka mengembangkan objek wisata sejarah di Pulau madura. Penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif ini mengambil lokasi di beberapa wilayah Pulau Madura yang memiliki peninggalan scjarah berupa bangunan-bangunan kuno. Pendekatan dalam penelitian ini dengan memadukan dua metode yaitu metode histories dan metode deskriptif. Data diambil melalui tiga cara, yaitu: (I) dengan survey langsung di lokasi penelitian; (2) dengan studi kepustakaan; dan (3) dengan wawancara. Sete1ah semua data dikumpulkan kemudian dilakukan verifikasi dan interpretasi, baru kemudiandilakukan lahap penulisan. Hasil penelitian selanjutnya disajikan dalam bentuk essay. Dari hasil temuan data dan allalisis data dapat disimpulan: (1) bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang ada di Pulau Madua memiliki karakteristik yang khas yaitu adanya pengaruh dari berbagai wilayah atau Negara seperti: Jaya, Islam, Belanda, Inggris, dan cina (2) Meskipun di Pulau madura banyak memiliki hangunan-bangunan kuno bersejarah, namun beberapa bangunan terkondisinya sudah sangat rusak dan tak terawatt sehingga sangat sulit untuk dijadikan objek wisata sejarah. Beberapa bangunan kuno yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata sejarah antara lain: Kraton Sunenep, Masjid Agung Swnenep, Museum Sumenep, dan makam-makam kuno bersejarah ,seperti Makam Asta tenggi, dan Makam Aermata; (3) untuk mengembangkan wisata sejarah di Pulau Madura selain banyak faktor-faktor kekuatan dan peluangnya, namun juga masih banyak dijumpai factor kelemahan dan ancaman yang harus segera diatasi; (4) dalam pengembangan wisata sejarah di Pulau Madura ticlak dapat ditempuh secara sendirian, tetapi harus ditempuh secara terpadu dengan melibatkan objek-objek wisata jenis lainnya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 959.8 Mur s
Uncontrolled Keywords: Literature, Histories, Culture, Analisis SWOT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ71-1185 History and Systems (including individual ethical philosophers)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL660-2670 History and Principles of Religions
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Muryadi, --
Sukaryanto, --
Edy Budi Santoso, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:20
Last Modified: 06 Apr 2022 07:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114719
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item