Tingkat Kepuasan Pasien Setelah Pemberian Komunikasi Informasi Dan Edukasi (K 1 E) Oleh Apoteker Di Apotek Di Kodya Surabaya

Elida Zairina and Hanni Prihastuti and Yunita Nita (2005) Tingkat Kepuasan Pasien Setelah Pemberian Komunikasi Informasi Dan Edukasi (K 1 E) Oleh Apoteker Di Apotek Di Kodya Surabaya. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 LP.113-08 Zai t.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Seorang apoteker agar dapat mengontrol penggunaan obat yang rasional oleh pasien harus mengoptimalkan perannya dalam komunikasi langsung dengan pasien. Layanan informasi maupun konsultasi obat di apotek, selain menjadi tuntutan profesionalisme apotek juga dapat dilihat sebagai faktor yang menarik minat konsumen terhadap pembelian obat di apotek. Saat ini layanan informasi dan konsultasi obat di apotek masih belum ban yak dipraktekkan, dan kalaupun ada beberapa yang telah melakukannya kemungkinan masih belum optimal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien setelah pemberian Komunikasi Informasi dan Komunikasi (KIE) oleh apoteker di apotek di kota Surabaya dan untuk mengetahui informasi saja yang didapatkan pasien dari apoteker saat melakukan KIE. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional - observasional. Penelitian dilakukan di 5 apotek di wilayah Surabaya. Pemilihan sampel apotek dilakukan dengan metode purposive sampling sedangkan pemilihan responden dengan non-probability sampling. Variabel penelitian meliputi karakteristik responden (umur, jenis kelamin dan pendidikan terakhir), tingkat kepuasan pasien setelah mendapatkan KIE dari apoteker dan informasi yang didapatkan oleh pasien setelah pemberian KIE oleh apoteker. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebanyak 41.2 % responden merasa cukup puas, 36 % responden merasa puas dan 19.9 % responden merasa sangat puas terhadap pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang diterima di apotek terpilih. Sedangkan informasi yang paling banyak diperoleh oleh pasien dari apoteker saat berunjung ke apotek meliputi informasi tentang obat meliputi nama obat dan indikasi, dosis yang diberikan serta aturan pakai dan cara pemakaian obat.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP.113/08 Zai t
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien; Apoteker
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Pendidikan Apoteker
Creators:
CreatorsNIM
Elida ZairinaNIDN0007107801
Hanni PrihastutiNIDN-
Yunita NitaNIDN0018067402
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:52
Last Modified: 06 Apr 2022 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item