Identifikasi Peluang Dan Permasalahan Layanan Debit

Endang Poernomowati, - (2000) Identifikasi Peluang Dan Permasalahan Layanan Debit. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB KK-2 332 178 Poe i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan jasa perbankan di negara kita sudah mulai beranjak dari sisi harga kesisi layanan jasa. Memang telah terjadi suatu pergeseran dalam kebijaksanaan operasional perbankan.Pricing strategi bukanlah lagi suatu hal yang paling utama dalam merebut suatu pelanggan atau kelompok pelanggan, Service strategy mulai dilibatkan dalam menentukan operasi perbankan, tentu saja tanpa meninggaikan pricing strategy, Misalnya fasilitas layanan debit yang ditawarkan oleh suatu bank dimana fasilitas debit ini tidak hanya tersedia di pusat perkulakan Makro,Alfa tapi juga supermarket ( Hero,Superindo, hartani, Bonnet, Tops, Gelael), Departemen Store (Matahari, Rimo, Mega M, Ramayana ,Galeria ),selain itu juga toko-toko retail lainnya, bahkan juga bisa digunakan untuk membayar tagihan rekening PAM. Kemudahan, kenyamanan dan kepraktisan, itulah yang ditawarkan oleh bank pemberi layanan debit, Karena dalam bertransaksi, nasabah tidak perlu membawa uang tunal dalam jumlah besar. Kemudahan, kenyamanan dan kepraktisan ini memang kian menjadi tuntutan bagi kehidupan masyarakat modern seperti masyarakat Surabaya. Disisi lain terdapat kelemahan utama yang menyebabkan layanan debit kurang diminati, misalnya nasabah harus lebih dulu mengaplikasikan kartu khusus debit, dan layanan debit tidak diimbangi penyediaan infrastruktur yang memadai. Sebagai salah satu daerah dengan kegiatan perekonomian paling dinamis di Indonesia, Jawa Timur, khususnya Surabaya memegang peranan penting dalam lalu lintas bisnis nasional. Oleh karena itu bank tidak boleh mengesampingkan potensi kawasan ini dalam upaya memberikan optimalisasi layanan perbankannya, termasuk diantaranya layanan debit. Dari beberapa hal yang telah diuraikan diatas, tampak bahwa layanan debit menjanjikan manfaat yang tinggi bagi nasabah bank tetapi disisi lain tentunya banyak kendala yang dihadapi pemakai layanan debit ini. Permasalahannya, selama ini belum ada penelitian yang menggali peluang dan permasalahan dari layanan debit tersebut. Bila peluang dan permasalahan dari Iayanan debit tersebut diketahui maka diharapkan dapat ditentukan strategi pemasaran dalam hal ini service strategy bank sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah bank dan memenuhi tuntutan kehidupan masyarakat modern. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh terhadap pandangan konsumen pemakai layanan debit bank dan mengidentifikasi factor-faktor yang merupakan peluang dan faktor-faktor, yang merupakan permasalahan dari layanan debit bank, karena layanan debit saat ini telah menjadi tuntutan dari masyarakat modern. Dengan menggunakan chie-square ,dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang signifikan adalah harga untuk memiliki kartu layanan debit dan iuran rutin setiap bulan, promosi melalui media cetak dan media elektronika keandalan karyawan dan kepuasan yang diperoleh dari pelayanan yang diberikan oleh karyawan penerbit kartu debit, proses menunggu untuk mendapatkan kartu layanan debit dan proses transaksi yang lebth cepat dengan menggunakan kartu layanan debit ,serta citra bank penerbit layanan debit yang bisa menimbulkan perasaan bergengsi, Faktor-faktor yang tidak signifikan adalah product, krediblitas bank dan penjualan pribadi,place,komplin dan masukan dari pemakai layanan debit, design kartu dan fasilitas fisik bank penerbit kartu layanan debit. Apabila bank penerbit kartu layanan debit ingin menangkap peluang untuk meningkatkan pangsa pasar pemakai layanan debit maka harus memperhatikan faktor-faktor tersebut serta berusaha mengatasi permasalahan yang dirasakan oleh pemakai layanan debit yaitu tempat pelayanan debit yang masih terbatas, biaya pemilikan kartu debit serta potonganiiuran rutin terlaiu mahal,bila akan menggunakan kartu layanan debit harus mengetahui terlebih dahulu saldo yang dimiliki

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 332 178 Poe i
Uncontrolled Keywords: Debit, Perbankan, Bank
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
Endang Poernomowati, -NIDN-
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 06 Apr 2022 13:04
Last Modified: 06 Apr 2022 13:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item