Problematlka Kendala Pemerolehan Informasi Verbal Seputar Issue Global Warming Bagi Masyarakat Monolingual Sekitar Hutan Di Kabupaten Bojonegoro Dan Tuban

Moch. Jalal, - and Karnaji, - and Listiyono Santoso, - (2009) Problematlka Kendala Pemerolehan Informasi Verbal Seputar Issue Global Warming Bagi Masyarakat Monolingual Sekitar Hutan Di Kabupaten Bojonegoro Dan Tuban. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 LP 199-10 JAL P.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Problematika Kendala Pemerolehan Informasi Verbal Seputar Issue Global Wanning. bagi Masyarakat Monolingual Sekitar Hutan Di Wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban ini mencoba melihat realitas kesenjangan perolehan informasl penting larkait dengan persoalan kruslal, yaitu kelestarian lingkungan hidup dan Global Wanning. Kenyataan yang ada sekarang. bahwa Issue global mengenai pentingnya pemeliharaan lingkungan hidup maupun bagaimana upaya meredam pemanasan global yang terjadi di berbagai belahan dunia saat inl bahkan belum menyentuh dalam wacana pengetahuan banyak kalangan masyarakat monolingual 'sekitar hutan di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan'Tuban. Padahal kelompok mereka Inl merupakan orang-orang yang bersentuhan langsung dengan ekologl alam. Apabila mendapatkan infonnasi yang benar mengenai parsoalan kelestarian lingkungan hidup dan global wanning. tentu mereka merupakan lapisan potensIal yang dapat menjaga kelestarlan ekologl hutan dl sekltar kehidupan mereka. Sebaliknya. kelompok tersebut justru potensial menjadi perusak ekologi hutan serta andil delam terjadinya proses pemanasan global. jika informasi seputar persoalan tersebut tidak mereka peroleh dengan benar dan memadai. Sasaran penelitian ini adalah berbagai kalangan masyarakat monolingual sekitar hutan yang tersebar di sepanjang area! hutan jati di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Dari hasil kajian ini diketahui bahwa bahwa media maupun cara paling efektif yang dapat menumbuhkan pemahaman dan kesadaran terhadap issue seputar pemeliharaan Ilngkungan hidup dan Global Warming bagi masyarakat monolingual yang tinggal di sekitar hutan adalah bukan dalam bentuk sekedar infonnasi metalui media tertentu maupun sosialisasi saja. Cara yang paling efektif dan terbukti berhasil adalah melalui kegiatan-kegiatan kongkrit yang melibatkan mereka secara langsung dalam aktivitas pelestarian hutan: Sebagai contoh adalah melalui program kemitraan dengan pihak Perhutani dalam kegiatan pengelolaan hutan bersama.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 199/10 Jal p
Uncontrolled Keywords: Informasi ferbal; issue global warming
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 Geographic information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Moch. Jalal, --
Karnaji, --
Listiyono Santoso, --
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:35
Last Modified: 07 Apr 2022 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item