Representasi Kesetaraan Gender Dalam Iklan Di Media Massa

Sri Moerdijati, - and Andria Saptyasari, - (2001) Representasi Kesetaraan Gender Dalam Iklan Di Media Massa. Laporan Penelitian. Pusat Studi Wanita, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKB 659.132 MOE R.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pesan iklan merupakan serangkaian sistem tanda baik verbal maupun nonverbal yang merefleksikan realitas di masyarakat, dan ini merupakan hasil kreatifitas individu pembuat iklan. Tanda-tanda dikonsepsikan dalam pesan dan disampaikan pada konsumen atau khalayak yang dituju. Namun seringkali gambaran yang terlihat di media massa menunjukkan adanya ketidakseimbangan kedudukan atau peran wanita dan pria di masyarakat. Wanita digambarkan sebagai manusia yang selalu peduli dengan rumah tangga dan penampilan fisik mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui representasi kesetaraan gender (pria dan wanita) dalam iklam di majalah wanita Femina dan Higina Kosmopolitan (2) serta untuk mengetahui peran-peran dominan yang dikonstruksikan pada pria dan wanita dalam iklan tersebut.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 659.132 Moe r
Uncontrolled Keywords: Gender, Iklan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Sri Moerdijati, --
Andria Saptyasari, --
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:33
Last Modified: 07 Apr 2022 01:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item