Join Venture Profit Sharing (Musyarakah) dalam Perbankan Berdasarkan Prinsip Syariah

Abd. Shomad, - and Trisadini P. Usanti, - (2003) Join Venture Profit Sharing (Musyarakah) dalam Perbankan Berdasarkan Prinsip Syariah. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB KK 331.216 4 Sho j.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perrnasalahan dalarn peneltian ini ialah Bagaimana pengaturan Joint Venture Profit Sharing (Musyarakah) : dalam Hukum Islam dan Hukum Perbankan Nasional ? Bagaimana aplikasi musyarakah dalam aspek pembiayaan pada Perbankan berdasarkan prinsip syariah Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengidentifikasi dan menemukan (prinsip) Joint Venture Profit Sharing (Musyarakah dalam doktrin Hukum Islarn dan hukum Perbankan Nasional) 2. Untuk mengidentifikasi aplikasi musyarakah dalam operasional bank berdasarkan prinsip syariah dalam sektor pembiayaan. 3. Untuk mengidentifikasi penyeiesaian sengketa yang kemungkinan muncul, prosedur penyelesaian dan hukum materiil yang dipakai. Dengan penelitian ini diharapkan dapat dildentifikasi konsepsi dan aplikasi realisasi Joint Venture Profit Sharing (Musyarakah) dalarn bidang perbankan, sehingga dapat memberikan hasil berupa "format" yang sesuai dengan kondisi Indonesia. Penelitian ini juga diharapkan rnemberikan kontribusi berupa hasii penelitian yang dapat dikajikan rujukan (teks book) dalam perkuliahan Hukum Ekonomi, khususnya yang berkaitan dengan Eiconomi Islam dalam praktek perbankan, dan juga bagi masyarakat dalam pembinaan hukum nasional khususnya dalam bidang Hukum Ekonomi. Penelitian ini difokuskan pada penelitian tentang konsep dan aplikasi musyarakah (joint venture profit sharing) dalam Hukum Islam dengan melakukan penelitian kepustakaan terhadap sumberesumber asli dalam hukum Islam. Penelitian mula-mula akan difokuskan pada sumber permanen Hukum islam yakni Al-Quean dan Kitab hadits muamalah yang berkaitan dengan tema penelitian. Selanjutnya akan dikaji dari sumber-sumber dinamis berupa doktrin-doktrin fiqh ajaran-ajaran ahli hukum Isalm sebagai hasil ijtihad. Penelitian ini meliputi literature literatur berupa Kitab-kitab Fiqh (Hukum Islam) baik dalam Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia termasuk juga karya ilmiah bidang hukum yang berkaitan dengan pokok penelitian yang dimuat dalam majalah jurnal, surat kabar serta dalam seminar dan simposium. Dengan demikian sumber data dalam penelitian ini berupa data sekunder. Bahan hukum dikumpulkan dengan penggunaan metode Snow Ball, yakni menelusuri bahan hukum lebih lanjut dengan merujuk pada daftar pustaka yang dipakai dalam bahan hukum yang sedang dijajaki. Data kepusatakaan ini dikumpulkan dengan menggunakan sistem (Card System). Penelusuran bahan hukum (data kepustakaan) dilakukan pula melalui internet. Dan akhirnya dibandingkan dengan praktek di Indonesia melalui serangkaian wawancara dengan praktek perbankan dan pengamat bank Islam (syariah) di Surabaya (secara purposive random sampling). Data yang terkumpul dianalisa secara diskriptif analitis.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK 331.216 4 Sho j
Uncontrolled Keywords: PROFIT SHARING, BANKING LAW (ISLAMIC LAW)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB162-250 Legal systems compared
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
Abd. Shomad, -NIDN0020056704
Trisadini P. Usanti, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:53
Last Modified: 07 Apr 2022 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114767
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item