Peranan Ekstrak Etanol Daun Wungu {Graptophyllum pictum (L.) Griff.}Untuk Menghambat Atrofi Kelenjar Mammae Mencit Betina Ovariektomi

I.B. Rai Pidada and Listijani Suhargo (2008) Peranan Ekstrak Etanol Daun Wungu {Graptophyllum pictum (L.) Griff.}Untuk Menghambat Atrofi Kelenjar Mammae Mencit Betina Ovariektomi. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKC LP 22 -09 PID P2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai obat tradisional perlu dikembangkan untuk mendapatkan obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebagian besar obat tradisional berasal dari tumbuhan. Salah satu tumbuhan obat yaitu daun wungu (Graptophyllum pictum (L.) Griff) yang banyak digunakan untuk pengobatan ambein. Daun wungu diketahui mengandung delapan macam senyawa steroid (Hakim dan Soedigdo, 1983) dan juga mengandung flavonoid (Isnawati, 2003). Ekstrak daun wungu juga diketahui dapat berpengaruh meningkatkan pertumbuhan sel epitel endometrium dan sel epitel vagina pada mencit betina terovariektomi (Suhargo, 2003). Hal ini disebabkan karena senyawa-senyawa tersebut dapat terikat dengan reseptor estrogen dari sel target dan selanjutnya meningkatkan proliferasi sel.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP.22-09 Pid p
Uncontrolled Keywords: Etanol , Ovariektomi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
I.B. Rai Pidada0021034803
Listijani SuhargoUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:07
Last Modified: 07 Apr 2022 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item