Pelayanan Perizinan Dalam Mendukung Iklim Usaha Yang Kondusif

Lilik Pudjiastutik and Indrawati, - (2008) Pelayanan Perizinan Dalam Mendukung Iklim Usaha Yang Kondusif. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 LP.07-09 Pud p.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Pemerintahan Daerah, penyelenggara pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas, wewenang, kewajiban, dan tanggungjawabnya serta atas kuasa peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi untuk melaksanakan pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat dilakukan dengan menetapkan kebijakan daerah yang dirumuskan antara lain dalam peraturan daerah, peraturan kepala daerah, dan ketentuan daerah lainnya. Kebijakan daerah yang ditetapkan pemerintah daerah dalam rangka menunjang pembangunan ekonomi merupakan kebijakan yang dapat mendorong perkembangan pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan menunjang iklim dunia usaha di satu sisi dan di sisi lain kebijakan pemerintah daerah harus dapat mengendalikan kegiatan usaha untuk melindungi kepentingan masyarakat dan lingkungan. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, izin merupakan salah satu instrument yuridis yang paling banyak digunakan oleh pel11erintah sebagai upaya pengendalian. Dengan demikian system perizinan banyak digunakan. Oleh pemerintah daerah untuk mengatur dan mengendalikan kegiatan masyarakat di suatu wilayah yang pengaturannya ditetapkan dalam figur hukum Peraturan Daerah.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP.07/09 Pud p
Uncontrolled Keywords: Hukum Administrasi; Perizinan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3400-3431 Administrative law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Administrasi
Creators:
CreatorsNIM
Lilik PudjiastutikNIDN-
Indrawati, -NIDN0020057706
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:39
Last Modified: 07 Apr 2022 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item