Modal Sosial (Social Capital) Masyarakat Jawa Dalam Upaya Menyelesaikan Konflik Politik Di Masyarakat

Suryanto, - and Sudaryono, - and llham Nur Alfian, - (2009) Modal Sosial (Social Capital) Masyarakat Jawa Dalam Upaya Menyelesaikan Konflik Politik Di Masyarakat. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 LP 202-10 SUS M.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis (a) pola konflik politik masyarakat Jawa Timur (b) pola penyelesaian konflik politik masyarakat Jawa Timur (c) modal sosial yang menjadi model penyelesaian konflik politik di Jawa Timur (c) lembaga I institusi sosial yang mengembangkan modal sosial di masyarakat Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian inilah data primer yang diambil dari wawancara medalam dan diskusi terfokus dari para sumber yang berkompeten. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Kesimpulan penelitian ini adalah (a) Pola konflik politik di masyarakat Jawa Timur umumnya tidak bersifat terbuka, dan cenderung latent Kalaupun sampai terbuka maka peran elit dan tokoh masyarakat sangat dominan. (b) Penyelesaian konflik di Jawa timur melalui berbagai media. Penyelesaian secara langsung dilakukan bila terjadi konflik yang terbuka. (c) Modal sosial yang menjadi model penyelesaian konflik politik di.Jawa Timur ya sejumlah forum komunikasi LSM, pers dan media massa. serta tokoh asyarakat, (d) Para pelaku yang mengembangkan modal sosial yang selama ini ada di asyarakat tediri dari tiga unsur yaitu pemimpin formal dan perangkatnya. Figur pemimpin formal di masyarakat, dan pers dan media massa Saran yang bisa dikembangkan berdasarkan penelitian ini adalah perlunya pendidikan politik bagi tokoh masyarakat, anggota legislatif dan penggalian modal social Iainya yang bermanfaat berdasarkan pada kultur setempat.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 202/10 Sus m
Uncontrolled Keywords: konflik politik, modal sosial, Jawa Timur
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K321-474 Schools of legal theory > K366-380 Sociology of law. Sociological jurisprudence
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Perkembangan
Creators:
CreatorsNIM
Suryanto, --
Sudaryono, --
llham Nur Alfian, --
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 08 Apr 2022 00:49
Last Modified: 08 Apr 2022 00:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114847
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item