Penentuan Komposisi Optimal Bahan Aktif Tabir Surya Kombinasi Oksibenzon Oktil Dimetil PABA Dalam Formula Vanishing Cream

Tutiek Purwanti, - and Tritiana E, - (2005) Penentuan Komposisi Optimal Bahan Aktif Tabir Surya Kombinasi Oksibenzon Oktil Dimetil PABA Dalam Formula Vanishing Cream. Laporan Penelitian. Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
12. KKB LP 110 08 Pur p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu cara penanggulangan terhadap pengaruh negative sinar matahari adalah dengan menggunakan sediaan tabir surya yang akhir-akhir ini banyak digunakan dalam bentuk kombinasi anti UV-A dan anti UV-B dengan harapan efektivitasnya meningkat. Permasalahannya adalah menentukan komposisi dari kedua bahan untuk dapat menghasilkan efektivitas perlindungan yang optimal. Pada Penelitian ini digunakan bahan aktif tabir surya kombinasi oksibenson (anti UV-A) dan Oktil dimetil PABA (anti UV-B), yang diformulasikan dalam basis vanishing cream dengan komposisi formula I (3:3), formula II (3:5), formula III (3:7), formula IV (4:3), formula V (4:5) dan formula VI (4:7)% b/b. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan komposisi yang member efek optimal. Efektifitas dilakukan dengan menentukan nilai Sun Protection Factor (SPF). Penentuan nilai serapan 10 mg/l sediaan dalam pelarut isopropanol menggunakan spektrofotometer pada panjang gelombang 290 – 400 nm. Selanjutnya dari data yang diperoleh dihitung nilai SPF masing-masing formula.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 110/08 Pur p
Uncontrolled Keywords: Oxybenzone; Octyl dimenthyl PABA; SPF; Vanishing cream
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
Tutiek Purwanti, -NIDN0010025705
Tritiana E, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 08 Apr 2022 04:02
Last Modified: 08 Apr 2022 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item