Perbedaan Aktivitas Myokine, Micro-RNA Dan Stem Cell Endogen Pada PBMC Laki-Laki Dewasa Muda Sehat Dengan Pola Hidup Sedentary Dibandingkan Laki-Laki Dewasa Muda Sehat Dengan Pola Hidup Aktif

Damayanti Tinduh and SM Mei Wulan and Patricia Maria and I Putu Alit Pawana (2018) Perbedaan Aktivitas Myokine, Micro-RNA Dan Stem Cell Endogen Pada PBMC Laki-Laki Dewasa Muda Sehat Dengan Pola Hidup Sedentary Dibandingkan Laki-Laki Dewasa Muda Sehat Dengan Pola Hidup Aktif. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKA LP 25-19 Per.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas fisik reguler merupakan faktor yang dapat mengurangi kejadian Penyakit Tidak Menular (PTM) yang terkait dengan pola hidup sedentary (Dias et al, 2014; Nascente at al, 2016). Menurut panduan aktivitas fisik, aktivitas fisik sedang hingga berat paling sedikit 30 menit sehari, 5 hari dalam seminggu dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan (Nascente at al, 2016). Aktivitas fisik akan menyebabkan aktivasi sistem energi yang memengaruhi kualitas sistem neuromuskuloskeletal dan kardiorespirasi. Latihan intensitas sedang hingga berat akan meningkatkan kadar myokine (IL-6, irisin, BDHF, Klotho), perubahan pada ekspresi 34 microRNA yang bersirkluasi dan aktivotas stem cell di sirkulasi perifer (peripheral blood mononuclear cell/PBMC).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK LP 25-19 Per
Uncontrolled Keywords: Penyakit Tidak Menular
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Damayanti TinduhUNSPECIFIED
SM Mei WulanUNSPECIFIED
Patricia MariaUNSPECIFIED
I Putu Alit PawanaUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:00
Last Modified: 11 Apr 2022 03:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item