Desain Kebijakan Pola Asuh Pemeliharaan Gigi dan Mulut Ibu Balita Prasekolah Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Berdasarkan Modul Perlikau Terencana (Planned Behaviour)

R Darmawan Setijanto and Nyoman Anita Damayanti and Taufan Bramantoro (2018) Desain Kebijakan Pola Asuh Pemeliharaan Gigi dan Mulut Ibu Balita Prasekolah Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Berdasarkan Modul Perlikau Terencana (Planned Behaviour). Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKA KK LP 23-19 Set d.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

RISKESDAS 2013 menyebutkan prevalensi rata-rata penduduk Indonesia bermasalah gigi dan mulut sebesar 25.9%, dengan rata-rata indeks karies gigi sebesar 4.6%. Prevalensi karies pada anak usia prasekolah (3-5 tahun) di Indonesia dilaporkan sebesar 90.5% di perkotaan dan 95.9% di pedesaan. Early Childhood Caries (ECC) terus menjadi penyakit pandemi di seluruh dunia. Prevalensi ECC antara anak usia 3-5 tahun bervariasi pada masing-masing benua dan negara. Penyakit dan kelainan gigi pada anak usia sekolah merupakan salah satu gangguan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pendidikan kesehatan gigi harus diperkenalkan sedini mungkin kepada anak agar mereka tahu dan melakukan cara memelihara kesehatan gigi dan mulut secara baik dan benar. Anak usia prasekolah merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terhadap penyakit gigi dan mulut, karena umumnya masih mempunyai perilaku atau kebisaan diri yang kurang menunjang terhadap kesehatan gigi. Dalam hal ini, peran orang tua sangat berpengaruh dalam pemeliharaan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut anak. Sikap dan perilaku orang tua yang merupakan orang terdekat dengan anak dalam pemeliharaan kesehatan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap dan perilaku anak. Salah satu model pengambilan keputusan yang telah divalidasi dengan baik untuk menguji sikap dan perilaku manusia adalah Teori Perilaku Terencana (TPB). TPB menyatakan bahwa niat mempengaruhi perilaku. Sedangkan Niat dipengaruhi oleh Attitude toward the behavior, Subjective norm, and Perception of behavioral control yang diinduksi olehBehavioral beliefs, Normative beliefs, Control beliefs. TPB menyatakan perilaku masa lalu juga sering dimasukkan sebagai predictor tambahan dari niat dan perilaku orang. Alasan-alasan tersebut mendasari peneliti untuk melakukan penelitian "Perilaku Pengasuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Prasekolah di Surabaya berdasarkan Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behavior)". Penelitian ini dilakukan di Kotamadya Surabaya dengan 2 tahapan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menyusun Modul PNI dan Modul PAUD guna merekomendasikan kebijakan pembelajaran di rumah (tahun 1) dan di PAUD (tahun 2). Luaran penelitian ini adalah 2 Paten Modul dan 4 Publikasi Internasional.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK LP 23-19 Set d
Uncontrolled Keywords: Modul PNI, Modul PAUD, Teori Perilaku Terencana
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > S3 Ilmu Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
R Darmawan SetijantoUNSPECIFIED
Nyoman Anita DamayantiUNSPECIFIED
Taufan BramantoroUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:19
Last Modified: 11 Apr 2022 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item