Pengaruh Pembelajaran Abacus Mental Aritmetika (Sempoa) Terhadap Daya Konsentrasi, Memori, Imajinasi, Dan Penalaran Matematika

Hamidah, - and Endang Retnowati, - (2002) Pengaruh Pembelajaran Abacus Mental Aritmetika (Sempoa) Terhadap Daya Konsentrasi, Memori, Imajinasi, Dan Penalaran Matematika. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, -. (Unpublished)

[img] Text
KKB 155.413 HAM P.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan adanya pengaruh pembelajaran abaclis mental aritmetik (sempoa) terhadap daya konsentrasi, memori, imajinasi, dan penalaran matematika pada anak-anak. Hal ini dianggap penting untllk membuat pertimbangan apakah pembelajaran abacus mental aritmetika berperan. Sangat penting bagi peningkatan daya konsentrasi, memori, dan penalaran matematika pada anak-anak, khllsusnya di usia sekolah dasar sebagaimana anggapan masyarakat selama ini, sehingga orangtlla mempunyai dasar untuk memutuskan perlu-tidaknya anak dilatih pembelajaran ini. Sampel dalam penelitian ini adalah para siswa SDN Jepara 2 kelas III dan IV yang ditentukan dengan simple random sampling hingga terpilih 30 orang dengan rincian 15 orang siswa yang mengikllti klirslis AMA di sekolahnya dan 15 lainllya tidak mengikllti kurslis. Alat yang digunakan adalah subtes rentang angka, simbol, dan soal hitungan dari Tes WISe. Subtesrentang angka digunakan untuk mengllngkap memori, sllbtes simbol untuk mengungkap daya konsentrasi, dan sllbtes hitungan lIantllk mengllngkap penalaran matematika. Kemlldian data yang diperoleh dianalisis dengan Anava satu jalur. Hasil Penelitian menllnjukkan bahwa hipotesis yang diajllkan ditolak dengan nilai F pada slIbtes berhitung sebesar 0.05 dengan p= 0.945, subtes rentangan angka sebesar 0.95 dengan p= 0,760, dan subtes simbol sebesar 0.771 dengan p= 0.387. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran abacus mental aritmetika tidak mempengaruhi kemampuan konsentrasi, memori, dan panalaran matematika pada anak-anak. Diharapkan kesimpulan ini diperkuat oleh penelitian lain sehingga dapat dijadikan pedoman pertimbangan bagi orangtua dan dasar publikasi bagi lembaga pellgelola pelldidikan sejenis

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 155.413 HAM P
Uncontrolled Keywords: PSYCOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Hamidah, -NIDN0024076403
Endang Retnowati, -NIDN071608640
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:08
Last Modified: 11 Apr 2022 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item