INDIKASI ADANYA MONOPOLI DALAM PENYEDIAAN JASA TAKSI DI BANDARA INTERNATIONAL JUANDA OLEH PRIMER KOPERASI TNI AL (PRIMKOPAL)

Nonih Rimadewi, 030415994 (2008) INDIKASI ADANYA MONOPOLI DALAM PENYEDIAAN JASA TAKSI DI BANDARA INTERNATIONAL JUANDA OLEH PRIMER KOPERASI TNI AL (PRIMKOPAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Primkopal merupakan pelaku usaha tunggal dalam penyediaan jasa taksi di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Akibat dari hanya terdapat satu pelaku usaha tersebut telah terjadi penguasaan pasar. Hal-hal tersebut tentu merugikan konsumen sebagai pengguna jasa taksi. Primkopal telah melakukan penguasaan atas pemasaran atau penggunaan jasa taksi di Bandara Internasional Juanda Surabaya sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 17 ayat (2) UU Persaingan Usaha. Perbuatan Primkopal tersebut terindikasi monopoli sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 UU Persaingan Usaha, namun harus dilakukan pembuktian terlebih dahulu perbuatan tersebut menimbulkan persaingan usaha tidak sehat atau tidak. Hal tersebut karena monopoli merupakan kegiatan dengan prinsip Rule of Reason Approach, artinya walaupun telah melanggar UU Persaingan Usaha, tapi harus dievaluasi terlebih dahulu untuk menyatakan perbuatan tersebut legal atau tidak. KPPU selaku aparat penegak hukum dalam persaingan usaha, salah satu tugasnya menilai kegiatan usaha atau tindakan dari pelaku usaha yang dapat menimbulkan monopoli, sehingga KPPU segera menindaklanjuti laporan yang masuk terkait adanya indikasi monopoli dalam jasa pelayanan taksi di Bandara Internasional Juanda. Hal-hal yang dicermati lebih lanjut oleh KPPU adalah terkait dengan operator taksi dan pelayanan dari taksi tersebut. Tugas dari KPPU sebagai aparat penegak hukum untuk membuktikan perbuatan Primkopal tersebut telah melanggar UU Persaingan Usaha atau tidak dan menjatuhkan sanksi apabila memang terbukti bahwa Primkopal telah melakukan monopoli sebagaimana yang diatur dalam Pasal 17.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FH 127/08 Rim i FILE TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MONOPOLITIC COMPETITION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1010-1014 The merchant. Business enterprises
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Nonih Rimadewi, 030415994UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLINA HASTUTI, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 21 Nov 2008 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11500
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item