Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Pola Permainan Sosial: Suatu Studi Eksperimen Pada Anak Usia Prasekolah

Nurul Hartini, S.Psi., M.Psi and Ema Subekti, Drs. and Veronika Suprapti, - (2002) Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Pola Permainan Sosial: Suatu Studi Eksperimen Pada Anak Usia Prasekolah. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, -. (Unpublished)

[img] Text
KKB 155.412.4 HAR M.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelilian ini ingin mengclahui .. Bagaimanakah pengaruh pola permainan social terhadap peningkatan kecerdasan emosi anak '?:" Landasan utama dari dilakukannya pcnclitinn ini adalnh pcndapat Thomas Achenbach, psikolog University of Vermort (dalal~ Goleman. 1999) yang menyatakan bahwa pada masa sekarang terjadi penurunan kecerdasan emosi anak-anak yang mana dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah anak yang terlibat dalam penyalahgunaan obat hius, kriminalitas. dan kekerasan. Di samping itu tingkat anak-anak yang mengalami depresi semakin hari juga semakin bertambah jumlahnya, diantaranya mereka banyak yang m.engalami masalah makan. kejadian kehamilan tak diinginkan, kenakalan anak dan anak putus sekolah. Kemudian Hurlock (1995) menjelaskan tentang kecepatan perkembangan anak dalam lima tahun pertama harus mendapatkan perhatian yang serius, karena 80 % dari totalitas perkembangan seorang individu akan tercapai pada usia 5 tahun pertama. Oleh karena itulah masa lima tahun pertama ini disebut sebagai masa emas, karena menyia-nyiakan kesempatan masa ini/mengabaikan perkembangan anak pada masa ini berarti orang tua, masyarakat dan negara akan kehilangaan kesempatan emas tersebut. Sedangkan sebagian besar waktu anak pada usia di bawah lima tahun Icbih banyak dihabiskan untuk bcnnain, dan memang dunia anak lima tahun adalah dunia bcrmain yang lebih menyukai suatu penllainan. Dengan bermain anak akan mClldapatkan banyak manfaal yang akan berguna dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan fisiko motorik. cmosi/psikologis dansosialnya. Iluriock (1995) Il1cnycbutkan bahwa salah satu jcnis pcrmainan yang mampu memotivasi perkembangan emosi dan sosial anak adalah pola permainan yang bemuansa sosial. Melalui metode penciilian ksperimen yang dikenakan pada TK Bhinneka Bhakti Surabaya sebagai kelompok eksperimen dan TK Among Siswa Surabaya sebagai kelompok kontrol, peneliti ingin rneliha.t pengaruh pola perrnainan sosial terhadap peningkatan kecerdasan emosinya. Hasil penelitian ini menyimpulkan "'Terdapat pengaruh yang signitikan antara pala perrnainan sosial terhadap peningkatan kecerdasan emosi anak usia prasckofah:" Hasil tambahan dari penelitian ini adalah : (I) Terdapat perbedaan pengaruh pola permainan sosial terhadap peningkatan kecerdasan ernosi yang signifikan antara anak yang be~ienis kelamin laki-Iaki dengan anak yang berjenis kelarnin perempuan:(2) Peningkatan kecerdasan emosi pada anak perempuan lebih cepat daripada peningkatan kecerdasan emosi pada anak laki-Iaki

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 155.412.4 HAR M
Uncontrolled Keywords: EMOSI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Hartini, S.Psi., M.PsiNIDN0021047107
Ema Subekti, Drs.UNSPECIFIED
Veronika Suprapti, -UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:50
Last Modified: 11 Apr 2022 19:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item