Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Coklat (Theobroma cacao) Sebagai Bahan Irigasi Intranakal Yang Biokompatibel Dan Potensial Pada Perawatan Saluran Akar

Tamara Yuanita and Sri Kunarti and Nirawati Pribadi (2018) Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Coklat (Theobroma cacao) Sebagai Bahan Irigasi Intranakal Yang Biokompatibel Dan Potensial Pada Perawatan Saluran Akar. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKA KK LP 47-19 Yua p.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Hampir semua penyakit pulpa dan periapikal disebabkan karena adanya bakteri.Lebih dari 700 spesies bakteri ditemukan pada rongga mulut. Bakteri tersebut masuk ke dalam saluran akar dan jaringan periapikal melewati beberapa jalan antara lain, tubulus dentin, karies, jaringan periodontal atau restorasi yang rusak. Keberhasilan perawatan saluran akar antara lain dipengaruhi oleh cleaning and shaping. Tujuannya adalah membuang debris dan bakteri didalam saluran akar secara mekanik dengan alat preparasi serta mengeliminasi bakteri menggunakan bahan irigasi yang berfungsi sebagai antibakteri. Pada pemeriksaan jenis bakteri yang terdapat pada perawatan saluran akar yang mengalami kegagalan ternyata didapatkan bakteri Enterococcus faecalis (E. faecalis) sebagai spesies terbanyak (77-89,6%). E faecalis teridentifikasi sebagai spesies yang mampu bertahan hidup (resisten) saat perawatan saiuran akar. Mengingat kemampuan bakteri E. frecalis sebagai penyebab kegagalan perawatan saluran akar maka penting dilakukan penelitian untuk mencari bahan alam yang berguna sebagai antioksidan dan biokompatibel.Indonesia merupakan salah satu produsen coklatikakao terbesar didunia. Kulit buah coklat mengandung polifenol dengan kadar 10-12% yang bersifat sebagai antibakteri.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK LP 47-19 Yua p
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Kulit Buah Coklat
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Periodontics
Creators:
CreatorsNIM
Tamara YuanitaUNSPECIFIED
Sri KunartiUNSPECIFIED
Nirawati PribadiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:37
Last Modified: 11 Apr 2022 07:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item