Pola Konsumsi Dan Pengaruh Internet Sebagai Media Komunikasi interktif Pada Remaja (Studi Analisis Resepsi Pada Remaja 01 Kotamadya Surabaya)

Yuyun W.I Surya, MA (2002) Pola Konsumsi Dan Pengaruh Internet Sebagai Media Komunikasi interktif Pada Remaja (Studi Analisis Resepsi Pada Remaja 01 Kotamadya Surabaya). Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, -. (Unpublished)

[img] Text
KKB 004.678 SUR P.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seperti halnya media massa yang lain, keberadaan internet ini membangkitkan berbagai pertanyaan akan efek negatif yang ditimbulkannya, selain keberadaan efek positif seperti penyampaian dan pengiriman informasi yang cepat dan update melalui fasilitas.fasilitas e-mail, surat kabar online, forum diskusi dan juga chattillg serta beragam situs-situs yang ada yang memperkaya kbasanah pengetahuan penggunanya Lebih lanjut keberadaan media komunikasi ini acapkali dianggap sebagai penyebab penlaku asosial penggunanya Hal ini dikarenakan internet adalah media komunikasi yang memiliki karakteristik interaktif yang membuat penggunanya merasakan s~lah menga1ami komunikasi tatap muka sebagaimana di duma nyata walaupun hal tersebut hanya teJjadi di duma maya (virtual world). Hasil penelitian yang dilakukan di Inggris terhadap 44S pengguna internet menunjukkan adanya relasi positif antara tingginya penggunaan internet dengan sikap depresi dan introvert (petrie & Gunn, 1998). Ketiadaan perangkat hukum yang mengatur sekaligus ketidakpahaman masyarakat akan pola-pola pencegaban penyalabgunaan internet serta karateristik internet sebagai border/ess communication media merupakan penyebab klaim internet sebagai media yang lebih banyak merugikan daripada memberikan manfaat. Hal ini terutama teJjadi pada diri remaja, yang berdasarkan survey terakhir yang diadakan majalah Swa merupakan pengguna terbesar di Indonesia. Dikhawatirkan pola penggunaan yang tidak bijaksana berpotensi untuk konsumsi ini berkaitan erat dengan pola pikir dan cara pandang remaja terhadap keberadaan internet itu sendiri, dimana hal ini acapkali dipengarubi oleb interaksinya dengan kelompok sosial disekitarnya, terutama peel' group. Griffith (1996) menyatakan bahwa tipikal pengguna internet rernaja, hiasanya laki-laki yang tidak atau sedikit memiliki rasa percaya diri dan kebidupan sosial. Oleb karena itu perlu diketahui apa dan bagaimana pola konsumsL penerimaan serta pandangan remaja terhadap keberadaan media komunikasi ini.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 004.678 SUR P
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Yuyun W.I Surya, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:00
Last Modified: 12 Apr 2022 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item