Tradisi Lisan Suku Samin di Daerah Pedalaman Kabupaten Bojonegoro

Purwantini, Dra., M.Hum and Siti Sumartono, Dra., D.S., M.Ed and Trisna Kumala Satya Dewi, Dra. M.S. and Eddy Sugiri, Drs., M.Hum and Turbiyono, Drs., (2000) Tradisi Lisan Suku Samin di Daerah Pedalaman Kabupaten Bojonegoro. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Submitted)

[img] Text (Fulltext)
KKB 392.2 TRA 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Selama ini masyarakat suku Samin didiskriditkan dan diangap sebagai kelompok masyarakat yang berkonotasi negatif. Hampir semua berita yang dimuat di media massa dalam seminar-semnar ilmiah selalu menilai masyarakat Samin adalah masyarakat yan besifat Jelek, selalu membangkang, tidak mau bergaul denqan masyarakat lain, ugal-ugalan, bahkan ada yang mengatakan gerakan saminisme adalah gerakan PKI kuno. Dikatakan demikian karena gerakan itu berasal dari kalanqan bawah (petani) dimulai sekitar pertengahan abad sembilan belas dan berakhir pada awal abad kedua puluh. Penelitian ini bertujuan meluruskan berita negatif yang beredar di berbagai media massa dan menindaklanjuti penelitian-penlitian yang sudah perrnah ada.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Lisan, Suku Samin, Pedalaman, Bojonegoro
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Purwantini, Dra., M.HumUNSPECIFIED
Siti Sumartono, Dra., D.S., M.EdUNSPECIFIED
Trisna Kumala Satya Dewi, Dra. M.S.UNSPECIFIED
Eddy Sugiri, Drs., M.HumUNSPECIFIED
Turbiyono, Drs.,UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:31
Last Modified: 12 Apr 2022 03:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item