PERJANJIAN KERJA SEBAGAI SARANA PENYEIMBANG POSISI TAWAR PARA PIHAK (KAJIAN TENTANG KONSEP MITRA SEJAJAR ANTARA PENGUSAHA DAN PEKERJA)

MACHSOEN ALI, SH.,MS. (2001) PERJANJIAN KERJA SEBAGAI SARANA PENYEIMBANG POSISI TAWAR PARA PIHAK (KAJIAN TENTANG KONSEP MITRA SEJAJAR ANTARA PENGUSAHA DAN PEKERJA). Laporan Penelitian. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text (KKB 344 01 Ali p)
KKB 344 01 Ali p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan ketenagakerjaan mempunyai banyak dimensi dan keterkaitan; bukan hanya dengan kepentingan pekerja sebelum, selama dan sesudah masa kerja - tapi erat pula kaitannya dengan kepentingan pemerintah, pengusaha dan masyarakat. Beberapa peraturan perundang undangan tentang ketenagakerjaan yang masih berlaku sampai saat ini, selalu menempatkan pekerja pada posisi tawar yang lemah terutama dalam penempatan tenaga kerja dan sistem hubungan kerja yang sangat menonjolkan perbedaan kepentingan dan perbedaan strata sosial antara pemberi kerja dan penerima kerja yang pada umumnya sangat tidak seimbang, dalam hal ini tersirat dalam substansi perjanjian kerja. Proses perundingan mengenai isi perjanjian kerja itulah yang mengawali pihak penerima kerja "menyadari" bahwa sebenarnya dia tidak memiliki kekuatan posisi tawar yang layak karena pihak pemberi kerja pada umumnya lebih mendahulukan kepentingan perusahaan dan prestasi pekerja yang dibutuhkan. Di sisi lain, penerima kerja, "sanggup" memenuhi prestasi yang dikehendaki berdasarkan pemikiran bahwa memang itulah batas kelayakan "bargaining power" nya. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :"dapatkah perjanjian kerja didayagunakan sebagai upaya hukum untuk mewujudkan posisi tawar yang seimbang antara pengusaha dan pekerja, berdasarkan konsep mitra sejajar dan kesamaan kepentingan?" Dengan rumusan masalah tersebut, maka akan diungkapkan masalah-masalah hukum yang berkenaan dengan pemberi kerja dan penerima kerja, yang didasari oleh perjanjian kerja sebagai landasan juridis normatif. Lokasi penelitian di Kotamadya Surabaya dan menggunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Data yang terkumpul diolah berdasarkan pendekatan juridis dengan uraian-uraian yang komprehensif.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 344 01 Ali p
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1701-1841 Labor law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
MACHSOEN ALI, SH.,MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:08
Last Modified: 12 Apr 2022 05:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item