Tinjauan Semiotik Naskah "Hikayat Amir Hamzah" Suatu Upaya Mengungkap Citra Kepahlawan Indonesia

Mochtar Lutfi, S.S. and Muryadi, Drs. and IB Putera Manuaba, Drs., M.Hum (2002) Tinjauan Semiotik Naskah "Hikayat Amir Hamzah" Suatu Upaya Mengungkap Citra Kepahlawan Indonesia. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Submitted)

[img] Text (Fulltext)
KKB 401.41 LUT T.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Amir Hamzah dalam Hikayat Amir Ham=ah mernperlihatkan tokoh yang khas dalam memperjuangkan keadilan dan kcbenaran. Berkaitan dengan hal tersebut yang mcnjadi pennasalahan dalam pcnclitian ini adalah: pertama, analisis semiotik terhadap Hikayat Amir Hamzah untuk mcngctahui makna yang tcrkandung di dalamnya; kcdua, nilai-nilai kepahlawanan yang terkandung dalam Hikayat Amir Hamzah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam Hikayat Amir Ham=ah dan mengungkapkan nilai-nilai (citra) kepahlawanan yang ada dalam Hikayat Amir Hamzah. Sebagai salah satu penclitian sastra, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat des\...Ti pt if. Sclanjutnya menggunakan analisis semiorik untuk mcngctahui makna dan mengungkapkan citra kepahlawanan yang terkandung dalam Hikayal Amir Ham=ah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan Amir Hamzah dalam Jlikayat Amir Hamzah dapat discbut seorang pahlawan karena mempunyai sifat-sifat berani, tckun, peka terhadap pem1asalahan kcbenaran, pcmaaf, dsb. Selain itu, ia mcngalami begitu banyak peristiwa hcroik yang memperlihatkan pepcrangan yang selalu dimenangkannya bcrsama sahabat-sahabat sctia, bahkan masuk dalarn dunia rnakhluk halus Uin), sampai akhimya rnereka meninggal dalarn perang suci rnernpertahankan kota Mekah dan rnernbela Nabi Muhammad melawan orang kafir. Citra atau nilai kepahlawanan yang didapat dari Hikayal Amir Hamzah mempcrlihatkan sosok pahlawan yang mcmpunyai potensi keilmuan, mendapat senjata-senjata sakti, keberanian rnelangkah dalam menegakkan kebenaran, mempunyai sahabat-sahabat yang setia yang mendukung perJuanganny~ kepekaan yang tinggi datam menegakkan kebenaran, metetakkan kejujuran dan ketulusan datam perjuangan, dan mempunyai jiwa tegar. Penetitian terhadap naskah lama tetap relevan pada saat sekarang maupun mendatang khususnya yang berkaitan dengan jiwa kepahlawanan karena banyak hat-hat yang menarik yang memperlihatkan ketabahan, kejujuran, kesabaran, dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit pcrmasatahan kepemimpinan dan krisis kepahlawanan saat ini dapat diselesaikan dengan melihat mnsa lampau. {Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas sastra. Universitas Airtangga. Kontrak nomor 4878/J03/PG/2002)

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Semiotik Naskah, Hikayat Amir Hamzah, Citra, Kepahlawan, Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Mochtar Lutfi, S.S.UNSPECIFIED
Muryadi, Drs.UNSPECIFIED
IB Putera Manuaba, Drs., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:39
Last Modified: 12 Apr 2022 04:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item