Pemahaman Pimpinan Terhadap Ideologi Gender Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Perlindungan Tenaga Kerja Wanita Dalam Bisnis Retail

BINTORO WARDIYANTO, - and Sulikah Asmorowati, - and Erna Setijaningrum, - (2002) Pemahaman Pimpinan Terhadap Ideologi Gender Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Perlindungan Tenaga Kerja Wanita Dalam Bisnis Retail. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitan)
2022_03_22_15_26_14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan mendasar 1) Bagaimanakah pemaharnan pimpinan bisnis retail terhadap ideologi gender? 2) Bagaimanakah pelaksanaan kebijakan perlindungan tenaga kerja wanita di bisnis retail? Berdasarkan latar belakang bahwa hampir sebagian besar bisnis retail menggunakan tenaga kerja wanita mulai dari posisi sebagai pelayan, staf, supervisor, bahkan manajer, maka pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman ideologi gender pimpinan terhadap efektivitas pelaksanaan perlindungan tenaga kerja wanita di bisnis retail I. Populasi penelitian ini adalah para manajer dan tenaga kerja wanita pada bisnis retail "Galaxi Mall" yang termasuk golongan jenis bisnis retail dalam skala besar. Jumlah sample ditentukan 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para pimpinan dan tenaga kerja wanita di bisnis retail. Kemudian digunakan lembar koding untuk memasukkan data-data yang telah dikumpulkan sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah terkumpul data dalam bentuk koding, berikutnya dilakukan proses perhitungan dan analisis. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi pearson dan uji faktor determinan untuk melihat hubungan antara variabel (Efektivitas kebijakan perlindungan tenaga kerja wanita) dan variabel (Pemahaman pimpinan terhadap ideologi gender), serta untuk melihat fungsi variabel lain yang ikut berpengaruh dalam korelasi tersebut.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK2 LP
Uncontrolled Keywords: Gender, Bisnis Retail, Perlindungan Tenaga Kerja
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
BINTORO WARDIYANTO, -NIDN0024126104
Sulikah Asmorowati, -NIDN0016057501
Erna Setijaningrum, -NIDN0003067002
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:11
Last Modified: 12 Apr 2022 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115094
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item