Penerapan Eufemisme dalam Peristiwa Tutur Pada Pasangan Suami Istri (Pasutri Yang Menggunakan Bahasa) Jawa Di Wilayah Surabaya

Eddy Sugiri, Drs., M.Hum and Purwantini, Dra., M.Hum and Trisna Kumala Satya Dewi, Dra. M.S. (2002) Penerapan Eufemisme dalam Peristiwa Tutur Pada Pasangan Suami Istri (Pasutri Yang Menggunakan Bahasa) Jawa Di Wilayah Surabaya. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Submitted)

[img] Text (Fulltext)
KKB 401.43 SUG P.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memaparkan penenerapan Eufemisme dalam peristiwa tutur pada pasangan suami isteri, yang menggunakan bahasa Jawa di Wilayah Surabaya. Masalah ini ditelaah berdasarkan ilmu interdisipliner yakni linguistik. Setiap penutur atau suami isteri, pada dasarnya mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi. Kemampuan tersebut dikenal sebagai communicative competence. isteri yang menggunakan tahasa Jawa saat berkomunikasi sudah barang tentu mempertimhangkan nilai ras2 dalam memilih kata-kata. Kata-kata yang mengandung makna konotasi negatif sedapat-dapatnya dihindari. Ka,...en,=i. ~.::.~s,1.r.ei.:m suami isteri yang menggunakan bahas3 Jaw.:a ~an.J.;.t ::-=rv2u-iasi a pa bi la di tinjau dari strati f ikasi '30S~ alnya·~ ·11c.,.ka pemi- 1 ihan eufemiSi":! juga bervariasi. Pene1-apan e1.,_'tem:l~me dalam peristiwa tutur sering dilakukan ~ada o&5anD~~ ~Jami ister-i yang menggunakan bahasa Jawa dan y·ana t:8rst:r .!'\ti f i kasi sosial tinggi terutama mereka yang da;~i k.:" li:\ngc"=trr ningrat a tau dari kalangan priyayi. Ada pun tuj uan penelitian ini, yakni; ( 1) lng:i.r1 mengkaji penerapan eufemismP dalam pf'!r-j_stiwa tutur 'lad& pasa;igan suami isteri (pasutri) yang mengguns~an ~aha~a Jawa di wilayr::1h SL:rabaya, (2) Ingin mengetahui benlu!·~ ~!Eufemisme yang digunakan, dan (3) Ingin mengetahui latarbelal:.ang o~nggunaan Metode penelitian yang digunakan adalah metod~ deskriptif kualitat~f. Pengumpulan dAtanya den~an tgknik ~uesioner dan observasi dengan Wawancara. Pada dasarnya, pasangan suami istari ya·•~ m2nggunakan bah&sa Jawa di Wilayah Surabaya dalam berkou~r.ika~i menggunakan bahasa Jawa dengan memi l ih bent't.1.i-: h&iL~~ t -=-n+2misme) • Eu·femisme di pi 1 ih dengan tuj Liem untuk mengh:_ndai-1 bentukbentuk kata. yang kasar. Sela.in itu, mer~k~ tet~~ menjaga sopan santun dal~~ berkomunikasi antarsuamt i$teri. Pengaruh paternalistik pada budaya Ja11;,:t mn:;;ih kuat sehingga tampak dalam berkomunikasi, isteri Jebin condong rnenggunakan eufemisme (bentuk halus yang sop~~) kepada suami. Pemi 1 ihan bentuk ha lus oleh ssn°"gian bes. .. ,u- isteri b;;;;n-tuj uan Lin tu k men g ho rma i.: i s1 ·am i se:: baq 2 i l~ eμc,\ ~a rum ah tangga.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Eufemisme, Tutur, Suami Istri, Bahasa Jawa
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Eddy Sugiri, Drs., M.HumUNSPECIFIED
Purwantini, Dra., M.HumUNSPECIFIED
Trisna Kumala Satya Dewi, Dra. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:32
Last Modified: 12 Apr 2022 07:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115135
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item