Konsep Selamat Dalam Ajaran 'Manunggaling Kawula Gusti' Kepercayaan Manusia Jawa (Kejawen)

Hariawan Adji, - and Ema Faiza, - and Julia Indarti, - (2006) Konsep Selamat Dalam Ajaran 'Manunggaling Kawula Gusti' Kepercayaan Manusia Jawa (Kejawen). Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
2022_03_24_10_55_17.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan seeara sistematis konsep selamat', 'selametan' dan 'keselamatan' yang seeara umum dianut oleh berbagai aliran tersebut. Karena ajaran 'selamat', 'selametan' dan 'keselamatan' merupakan inti kepereayaan manusia Jawa, maka dengan mengetahui ajaran konsep-konsep tersebut. kepereayaan manusia Jawa dapat disistematisasi. Dan segi sumber datanya, penelitian ini merupakan perpaduan penelitian kepustakaan dan penelitian Japangan. Penelitian ini dapat dikelompokkan sebagai penelitian kepustakaan dan sekaligus penelitian lapangan karena penelitian ini mendapatkan data-data utamanya baik dari kepustakaan maupun dari fenomena yang terjadi di masyarakat. Dari segi metode analisisnya, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Maksudnya adalah bahwa penelitian ini mendeskripsi fenomena ajaran manunggaling kawula Gusti dalam masyarakat Jawa. Dan desknpsi tersebut dicoba disusun kembali (disistemasi) konsep keselamatan dalam ajaran tersebut. Keselamatan bagi manusia Jawa memiliki dua lingkup. yaitu duniawi dan •surgawi. Keselamatan duniawi adalah keselamatan di masa kini dan di dunia ini. Keselamatan ini berupa keadaan damai, sejahtera, sehat dan tenteram, baik jasmani maupun rohani. Keselamatan duniawi jasmani berarti kecukupan dalam hal sandang, pangan dan papan. sedangkan keselamatan duniawi rohani adalah keadaan tenteram dan damai sejahtera. Sedangkan keselamatan surgawi adalah keselamatan yang akan dinikmati di masa nanti yaitu setelah kehidupannya di dunia ini berakhir. Ada beberapa sarana praktis yang digunakan oleh orang Jawa untuk mencapai keselamatan, yaitu: selamatan; ruwatan; primhon; petungan: wirid, mantera dan aji-aji; ngalamat; dan jimat.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP Konsep Selamat
Uncontrolled Keywords: orang Jawa, Kejawcn, Manunggaling kawula Gusti, keselamatan, keselamatan duniawi, keselamatan 'surgawi'
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik
Creators:
CreatorsNIM
Hariawan Adji, --
Ema Faiza, --
Julia Indarti, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:25
Last Modified: 18 Apr 2022 06:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115167
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item