Revitalisasi Fungsi Sel Beta Pankreas Tikus Putih Penderita Diabetes Militus Buatan Dengan Penggunaan Simplisia Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii) Dan Kembang Bulan (Tithonia Diversifolia)

Hani Plumeriastuti, - and Mustofa Helmi Effendi, - and Budiarto, - (2018) Revitalisasi Fungsi Sel Beta Pankreas Tikus Putih Penderita Diabetes Militus Buatan Dengan Penggunaan Simplisia Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii) Dan Kembang Bulan (Tithonia Diversifolia). Laporan Penelitian. FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
2022_03_18_09_42_28.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Diabetes Melitus (DM) termasuk salah satu penyakit metabolik dengankadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia). Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu sindrom yang mengganggu proses metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sehingga mengakibatkan penurunan sekresi insulin atau penurunan sensitivitas jaringan terhadap insulin. Hiperglikemia disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu penurunan sekresi insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas, penurunan penggunaan glukosa di otot dan peningkatan produksi glukosa. Penyakit Diabetes Melitus (DM) ini bersifat kronis dan penderitanya terjadi pada segala umur. Tanaman kembang bulan dan kayu manis merupakan tumbuhan yang mampu mengatasi penyakit DM. Kedua tanaman mengandung senyawa aktif yang mampu merevitalisasi sel beta pankreas. Tanaman ini mengandung zat aktif yang tennasuk golongan minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, saponin, triterpenoid dan polifenol. Daun kembang bulan sedikitnya mengandung 12 senyawa terpenoid dan 14 senyawa flavonoid. Senyawa aktif polifenol yang dimiliki oleh tanaman ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menghambat reaksi oksidasi radikal bebas aloksan melalui mekanisme penangkapan radikal dengan eara menyumbangkan $4tu elektron pada elektron yang tidak berpasangan dalam radikal bebas sehingga banyaknya radikal bebas menjadi berkurang. Diduga tereduksinya radikal bebas aloksan oleh senyawa aktif polifenol pada struktur pankreas, berdampak pada perbaikan struktur pankreas dan respon immun limpa menurun sehingga terjadi normalisasi limpa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan ekstrak batang kayu manis (Cinnamomum burmanii) dan ekstrak daun kembang bulan (Tithonia diveri ifolia) dalam menurunkan kadar gula darah pada mencit (Mus muscu/us) yang diinduksi dengan aloksan. Penggunaan aloksan dimaksudkan untuk memperoleh gambaran Diabetes Militus (DM) buatan. Pembuktian tentang pengaruh ekstrak batang kayu manis (Cinnamomum burmanii) dan ekstrak daun kembang bulan (7'ithonia diversifilia) dilihat adanya revitalisasi sel beta pankreas.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 52/19 Plu r
Uncontrolled Keywords: Cinnamomum Burmanii, Tithonia Diversifolia, Mus Musculus, Sel Beta Panlcreas,Aloksan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > S2 Biologi Reproduksi
Creators:
CreatorsNIM
Hani Plumeriastuti, -0008085905
Mustofa Helmi Effendi, -0015016209
Budiarto, -0028076103
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:42
Last Modified: 13 Apr 2022 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item