Dinamika Adaptif Pengusaha Kecil Dalam Masa Krisis Ekonomi (Studi Kasus Industri Kecil Di Desa Kesambi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timurj

Rustinsyah, - and Pinky Saptandari, - (2001) Dinamika Adaptif Pengusaha Kecil Dalam Masa Krisis Ekonomi (Studi Kasus Industri Kecil Di Desa Kesambi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timurj. Laporan Penelitian. .. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKB 338 642 Rus d.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Usaha Industri Kecil Alat – Alat Rumah Tangga Di Desa Kesambi Telah Dilakukan Secara Turun Temurun. Jenis Barang Yang Dihasilkan Dandang Atau Sablok Untuk Menanak Nasi, Langseng Untuk Mengukus, Oven Ayakan, Cerok, Ceret, Dan Lain – Lain Seperti Dandang Untuk Jual Soto, Bakso Sesuai Dengan Pesanan. Barang – Barang Tersebut Terbuat Dari Alumunium, Seng, Stainless. Cara Pembuatannya Manual Belum Menggunakan Mesin Dan Padat Karya. Barang – Barang Tersebut Terutama Untuk Konsumen Kalangan Menengah Kebawah, Dijual Pasar – Pasar Di Sekitar Jawa Timur. Harga Bahan Baku Terutama Alumunium Dan Stainles Mengikuti Nilai Tukar Dolar Sehingga Ketika Nilai Uang Dolar Naik Maka Harga Bahan Baku Mengalami Kenaikan Dan Sebaliknya Ketika Nilai Dolar Menurun Bahan Baku Mengalami Penurunan. Ketika Terjadi Krisis Ekonomi Dan Nilai Dilar Naik Secara Drastis Maka Para Pengusaha Kecil Mengalami Kesulitan Karena Harga Jual Di Pasaran Belum Bisa Dinaikkan. Demikian Harga Kebutuhan Pokok Pangan Dan Non Pangan Juga Mengalami Kenaikan. Ketidak Stabilan Nilai Tukar Dolar Akan Berpengaruh Terhadap Pendapatan Para Pengusaha Kecil. Peristiwa Yang Paling Parah Terjadi Sekitar Tahun 1998, Banyak Pengusaha Kecil Dari Desa Kesmbi Menghentikan Kegiatannya Untuk Sementara Waktu Antara Satu Hingga Tiga Bulan Untuk Menanti Stabilnya Harga Bahan Baku Dan Naiknnya Harga Jual Di Pasar. Oleh Karena Itu Yangmenjadi Permasalahan Dalam Penelitian Ini Adalah A) Bagaimana Masalah Yang Dihadapi Para Pengrajin Atau Pengusaha Kecil Dan Upaya – Upaya Yang Dilakukan Untuk Kelangsungan Kegiatannya Dan Hidup Keluarganya B) Mengapa Mereka Memilih Tindakan Tersebut ? "

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 338 642 Rus d
Uncontrolled Keywords: Dinamika Adaptif, Pengusaha Kecil, Krisis Ekonomi, Desa Kesambi
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Rustinsyah, --
Pinky Saptandari, --
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:29
Last Modified: 24 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item