Pembentukan Karakter Bangsa (National Character Building) Melalui Sastra Anak

Titien Diah Soelistyarini, - and Retno Wulandari Setyaningsih, - and Usma Nur Dian Rosyidah, - (2011) Pembentukan Karakter Bangsa (National Character Building) Melalui Sastra Anak. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB LP 03 12 Soe p.pdf

Download (11MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran karya sastra anak dalam pembentukan karakter nasional di lingkup pengajaran taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Dengan menggunakan metode observasi,survei dan kajian pustaka diperoleh kesimpulan bahwa karya sastra dan kegiatan mendongeng belum dimanfaatkan secara optimal untuk pengajaran karakter. Buku cerita anak yang beredar masih cenderung menggunakan gaya bahasa yang bersifat mendikte dan menggurui. Sementara model pembelajaran yang digunakan cenderung bersifat otonomi dan mengutamakan ranah kognitif sementara pembelajaran karakter seharusnya menyentuh ranah afektif. Oleh karena itu ditawarkan panduan pemilihan buku cerita dan model pembelajaran integratif yang dapat dijadikan salah satu acuan bagi pendidik untuk menerapkan pendidikan berbasis karakter melalui sastra anak di sekolah-sekolah. Kata kunci: sastra anak, nilai moral, gaya bahasa, pendidikan karakter, model pembelajaran

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 03/12 Soe p
Uncontrolled Keywords: sastra anak, nilai moral, gaya bahasa, pendidikan karakter, model pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Titien Diah Soelistyarini, -UNSPECIFIED
Retno Wulandari Setyaningsih, -UNSPECIFIED
Usma Nur Dian Rosyidah, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:29
Last Modified: 15 Apr 2022 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item