Sintesis Senyawa Baru Siklooksigenase-2 (COX-2) Inhibitor Yang Berpotensi Kemoprevemiv Kanker Dari Kaelllpferia galanga Linn.

Juni Ekawati, - and Sukardiman, - and Tutuk Budiarti, - (2009) Sintesis Senyawa Baru Siklooksigenase-2 (COX-2) Inhibitor Yang Berpotensi Kemoprevemiv Kanker Dari Kaelllpferia galanga Linn. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP 03-19 EKO S.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) pada kanker colon, dengan target jalur inflamasi dan proliferasi sel menjadi momentum penelitian senyawa NSAIDs, khususnya COX-2 inhibitor sebagai chemopreventive pada kanker. Salah satu turunan sinamat yaitu etil p-metoksisinamat (EPMS) dari Kaempjleria galanga yang diketahui mempunyai aktivitas anti inflamasi seperti NSAIDs juga mampu menghambat tumor promoter activating B-4 aktivasi EBV, sehingga dapat dikembangkan untuk pencegahan kanker terutama pada tumor-promoting stage. Sehubungan dengan masih ditemukannya efek samping yang membahayakan pada COX-2 inhibitor golongan coxib, maka pada penelitian ini akan diteliti peluang etil pmetoksisinamat sebagai lead compound COX-2 inhibitor barn. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh beberapa senyawa barn COX-2 inhibitor yang berpotensi sebagai kemopreventif kanker dari Kaempftria galangal Linn. Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka disusun metode penelitian sebagai berikut : modifikasi gugus fungsi EPMS sebagai COX2 inhibitor yang beraktivitas kemopreventif kanker dilakukan dengan melalui reaksi hidrolisis EPMS, pembentukan asil halida, amida aromatis dan tiourea. Struktur senyawa ditentukan dengan spektrofotometri IR, IHNMR dan HRMS. Afinitas COX-2 inhibitor ditentukan dengan docking studies dengan program Autodock Vina (pdb : lcx2). Terhadap senyawa hasil modifikasi struktur dilakukan skreening anti kanker memalui uji BST konsentrasi , sedangkan aktivitas kemopreventif kanker secara in vivo menggunakan induser benzopiren untuk mengetahui tingkat kejadian kanker. Dari diperoleh beberapa senyawa baru hasil modifikasi struktur EPMS yailu (E)-2-(4-metoksistiril)-4H-benzo[dJ[13]oxazin-4-on; asam N-(p-metoksi-sinnamoil)antranilat, N-(p-hidroksifenil )-4-metoksisinamida, N-tolil-N-p-metoksisi namoi I-tiourea. Berdasarkan docking studies, N-(p-hidroksifenil)-4-metoksisinamida, N-pmetoksi-sinamoil-N-toliltiourea mempunyai afinitas relativ tinggi terhadap COX-2. Senyawa-senyawa hasil sintesis tersebut mempunyai aktivitas sitotoksik dengan BSL test (LCso (ppm): EPMS = 29,03 ppm, N-(p-hidroksifenil)-4-metoksisinamida = J 3,59 ppm, N-p-metoksisinamoil-N-toliltiourea = 33,56 ppm. EPMS dapat digunakan sebagai senyawa penuntun memperoleh kemopreventiv kanker. Persentase pertumbuhan kanker dari EPMS dan beberapa derivatnya adalah sebagai berikut : EPMS 40 mglkg BB = 85,7%; EPMS 80 mglkg BB = 62,5%; N -(p-hidroksifenil)-4-metoksisinamida 40 mglkg BB = 40,0%; N-(p-hidroksifenil)-4-metoksisinamida 80 mglkg BB = 30,0%; N-p-metoksisinamoil-N-toliltiourea 40 mglkg BB = 50,0%; N-p-metoksisina! lloil-N-toliltiourea 80 mglkg BB = 37,5%; sedangkan sebagai pembanding digunakan Celecoxib 20 mglkg BB dengan persen pertumbuhan = 33.3%.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 03/19 Eko s
Uncontrolled Keywords: KANKER
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Juni Ekawati, -UNSPECIFIED
Sukardiman, -UNSPECIFIED
Tutuk Budiarti, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:49
Last Modified: 15 Apr 2022 05:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115214
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item