Peningkatan Softskill Mahasiswa Berbasis IESQ Melalui Pendekatan Eksperimen

Mohamad Sujunus, - and M. Nasih, - (2011) Peningkatan Softskill Mahasiswa Berbasis IESQ Melalui Pendekatan Eksperimen. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP 07 12 Sud p.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dunia pendidikan tinggi, kemampuan dalam meningkatkan kadar ESO merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Softskill meliputi berbagai aktivitas pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi, kemampuan bekerjasama (team-work), keberanian dalam menghadapi tantangan, visioner. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengajaran mahasiswa dengan metode konvensional dibandingkan dengan metode postmodern yang mencoba mengkombinasikan peningkatan kemampuan softskill yang berbasis pada IESQ. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian tahun kedua ini adalah metode deskriptif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang efektifitas penggunaan embelajaran aktif (active learning) dalam meningkatkan nilai akademik. Metode deskriptif digunakan karena akan menghasilkan data faktual yang diolah secara kuantitatif berdasarkan informasi statistik, dan data kualitatif yang dihasilkan berdasarkan hasil-hasil penelitian. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah pretest post-tes desain. Metode eksperimen dilakukan pada tahun pertama. Pendekatan kualitatif digunakan pada tahun kedua dengan metode deep interview melalui focus group discussion (FGD) bersama para ahli dibidangya untuk mensinergikan dan mencapai hasil yang terbaik. Menemukan formula baru yang merupakan hasil penggodokan dari aktivitas a sehingga dapat digunakan sebagai "prod uk" yang berupa acuan peningkatan sooftskill yang berbasis IESQ. Dari penelitian ternyata didapatkan bahwa Sudah saatnya perguruan tinggi membekali para peserta didik dengan 3 kecerdasan yang terintegrasi dalam pembelajaran. Pembekalan 3 kecerdasan yaitu 10, EO, serta SO dapat dilakukan jika diterapkan metode pembelajaran aktif yang berpusat pada peserta didik (mahasiswa). Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan metode belajar berbasis mahasiswa, maka peserta didik akan menggunakan soft skill yang dimilkinya untuk mencari, menyerap serta memahami pengatahuan, serta informasi yang diterima. Karena itu skor yang diperoleh dari hasil pembelajaran tersebut lebih besar dari nilai hasil belajar secara tradisional, meskipun hal ini masih perlu pengkajian ilmiah dari berbagai aspek namun setidaknya hal ini dapat dijadikan titik tolak perubahan dalam metode pembelajaran

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 07/12 Sud p
Uncontrolled Keywords: IESQ, Softskill, Metode Pengajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB5-45 General
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Mohamad Sujunus, -UNSPECIFIED
M. Nasih, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:33
Last Modified: 15 Apr 2022 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item