ANALISIS KEBlJAKAN LOKAL SEBAGAI STRA TEGI PENGEMBANGAN POLA PEMBELAJARAN KARAKTER YANG BAIK (GOOD CHARACTERS LEARNING) PADA ANAK ACEH DENGAN BERBASIS KEKUATAN KOMUNITAS

Nurul Hartini, - and EMA Subekti, - (2010) ANALISIS KEBlJAKAN LOKAL SEBAGAI STRA TEGI PENGEMBANGAN POLA PEMBELAJARAN KARAKTER YANG BAIK (GOOD CHARACTERS LEARNING) PADA ANAK ACEH DENGAN BERBASIS KEKUATAN KOMUNITAS. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB KK2 LP 121-11 Har a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian "Analisis Kebijakan Lokal sebagai Strategi Pengembangan Pola Pembelajaran Karakter yang Baik (good characters learning) pada Anak Aceh dengan Berbasis Kekuatan Komunitas" pada tabun II bertujuan untuk: 1) mendapatkan gambaran kebijakan lokal tentang pola pembelajaran karakter yang baik (good characters learning) yang berkembang dan diterapkan dalam masyarakat Aceh sebagai sumber kekuatan komunitas. 2) mendapatkan gambaran tentang faldor pendukung dan penghambat yang berperan pada pengembangan pola pembelajaran karakter yang baik (good characters learning) dalam masyarakat Aceh. Tujuan penelitian tersebut dilatarbelakangi fenomena bahwa tsunami telah memporak-porandakan Aceh termasuk kekayaan intelektual masyarakat Aceh. Dua tabun intervensi pada masyarakat Aceh pasca tsunami belum menghasilkan pembangunan yang memadai baik secara fisik maupun psikologis. (Kompas, 28 Desember 2006). Mengacu pada hasil penelitian Good (1993). Sargent & Jonson (1996), Yoder (1997), David D. Latin (1999), Blakwell & Colmenar (1999), Steffen (2006), Sanjayvaja (2006), yang mengemukakan bahwa kebijakan lokal merupakan kekuatan sebuah komunitas untuk berkembang sesuai dengan akar nilai-nilainya sendiri. Oleh karena itu, pemberdayaan pada masyarakat harus berbasis pada kebijakan lokal sebagai sumber kekuatan komunitas. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Data diperoleh dari 33 orang subyek penelitian pada tabun I dan 23 orang subyek penelitian pada tahun II melaIui interview dan diskusi terfokus yang dilakukan kepada : (1) kelompok mahasiswa yang tergabung daIam Perkumpulan Mahasiswa Tanah Rencong baik di Surabaya maupun MaIang Jawa Timur, serta (2) kelompok signifikan person yaitu ketua, pimpinan, dan atau yang "ditua"kan pada kelompok PerkumpuIan Mahasiswa Tanah Rencong ini. Diskusi terfokus ini Iebih ditujukan untuk mengerucutkan dari beberapa jawaban yang telah diperoleh dari data interview. Untuk itu, focus diskusi tetap diarahkan dan mengacu pada pedoman umum interview. Dalam diskusi terfokus ini mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam penelitian ini dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5 - 6 mahasiswa.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK2 LP 121-11 Har a
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Kekuatan Komunitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Hartini, --
EMA Subekti, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:10
Last Modified: 13 Apr 2022 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115248
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item