Analisis Peran Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kotamadya Surabaya Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Kotamadya Surabaya Dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Bidang Keuangan

Nurul Istifadah, - (2001) Analisis Peran Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kotamadya Surabaya Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Kotamadya Surabaya Dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Bidang Keuangan. Laporan Penelitian. .. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKB 338.9 IST A.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Penelitian Ini Dilakukan Untuk Mencoba Menjawab Permasalahan (1) Bagaimana Peran Pad Surabaya Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Kota Surabaya, (2) Bagaimana Peran Pad Surabaya Dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Surabaya, Dan (3) Bagaimana Meningkatkan Pad Di Kota Surabaya Sehingga Akan Mampu Meningkatkan Kemampuan Apbd Surabaya Dalam Membiayai Pengeluaran Rutin Maupun Pengeluaran Pembangunannya. Pendapatan Asli Daerah Dalam Penelitian Ini Merupakan Indikator Kemampuan Otonomi Pemerintah Kota Di Bidang Keuangan. Sedangkan Sebagai Indikator Pertumbuhan Ekonomi Kota Surabaya Adalah Besarnya Produk Domestik Regional Bruto Surabaya Atas Dasar Harga Konstan. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Mencoba Menganalisis Peran Pad Surabaya Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Kota Surabaya, Menganalisis Peran Pad Surabaya Dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Surabaya, Dan Menganalisis Usaha-Usaha Peningkatan Pad Di Kota Surabaya Sehingga Akan Mampu Meningkatkan Kemampuan Apbd Surabaya Dalam Membiayai Pengeluaran Rutin Maupun Pengeluaran Pembangunannya. Penelitian Ini Bersifat Kualitatif Yang Didasarkan Pada Data-Data Sekunder Yang Berasal Dari Kantor Statistik Kota Surabaya Serta Buku Pustaka Lain Yang Menunjang Penelitian Ini. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Pendapatan Asli Daerah Surabaya Merupakan Salah Satu Indikator Kemandirian Pemerintah Kota Surabaya Dalam Menyediakan Dana Untuk Membiayai Pengeluarannya, Yaitu Pengeluaran Rutin Dan Pengeluaran Pembangunan. Penerimaan Pad Surabaya Pada Awalnya Dapat Membiayai Seluruh Pengeluaran Rutin Dalam Apbd Surabaya. Namun Sejak Tahun Anggaran 1998/1999 Pengeluaran Rutin Dalam Apbd Surabaya Jauh Melampaui Penerimaan Pad Surabaya. Dengan Adanya Penurunan Secara Relatif Proporsi Penerimaan Pad Terhadap Pengeluaran Rutinnya, Maka Akan Berpengaruh Pada Jumlah Transfer Dana Untuk Pengeluaran Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya. Sebagai Implikasi Lebih Lanjut Adalah Pada Kemampuan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Melaksanakan Pembangunan Kota Dari Sisi Kemampuan Pembiayaannya. Sehingga Pada Akhirnya Disimpulkan Bahwa Secara Langsung Pad Surabaya Mampu Mempengaruhi Besarnya Transfer Dana Pembangunan Dalam Apbd Surabaya, Dan Pengaruh Tidak Langsungnya Adalah Pada Penurunan Kegiatan Pembangunan Yang Bersifat Sektoral Yang Akan Mempengaruhi Nilai Pdrb Surabaya. Dalam Era Otonomi Daerah Sekarang Ini, Maka Penggalian Dana Secara Optimal Pendapatan Asli Daerah Surabaya Sudah Merupakan Hal Yang Tidak Dapat Ditawar Lagi. Usaha Untuk Meningkatkan Pad Surabaya Adalah Dengan Cara Ekstensifikasi Dan Intensifikasi. Ekstensifikasi Adalah Dengan Meluaskan Jaringan Obyek Pendapatan Asli Daerah, Sedangkan Intensifikasi Adalah Dengan Mengoptimalkan Penerimaan Dari Obyek Pendapatan Asli Daerah Yang Telah Ada. "

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 338.9 IST A
Uncontrolled Keywords: PENDAPATAN DAERAH, KOTAMADYA SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Doktoral Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Istifadah, --
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:28
Last Modified: 24 Jun 2022 06:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115260
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item