Potensi Diet Ketogenik Sebagai Anti Obesitas Dan Supresor Pertumbuhan Sel Kanker

Purwo Sri Rejeki and Lilik Herawati and Mohammad Anam (2018) Potensi Diet Ketogenik Sebagai Anti Obesitas Dan Supresor Pertumbuhan Sel Kanker. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
KKA KK LP 06-19 Rej p.pdf

Download (3MB)

Abstract

Obesitas dan kanker merupakan dua kondisi dengan prevalensi yang semakin meningkat pada dasawarsa terakhir. Keduanya meningkatkan morbiditas, mortalitas dan pembiayaan kesehatan pada belahan dunia. Untuk itulah perlu dilakukan tatalaksana yang komprehensif pada kedua kondisi tersebut. Data koinsidens antara kanker dan BMI di Amerika Serikat didapatkan 28.000 kasus kanker baru pada laki-laki dan 72.000 pada perempuan yang disebabkan oleh berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas sekarang ini diperkirakan sebagai penyebab kanker terpenting. Berat badan berlebih dan obesitas diasosiasikan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal, kanker payudara pascamenopause, kanker endometriosis, kandung empedu, pankreas, ginjal, dan liver. Beberapa mekanisme yang diperkirakan terjadi pada obesitas yang meningkatkan kanker adalah pada obesitas terjadi peningkatan inflamasi kronik yang berpotensi merusak DNA dan memicu kanker. Pada obesitas terjadi peningkatan faktor lokal dan sistemik yang secara simultan, termasuk di dalamnya insulin, insulin like growth factor 1 (IGF-1), sitokin proinflamasi, glukosa darah, asam lemak bebas dan leptin. Faktor-faktor tersebut bisa memicu terjadinya proses inflamasi kronik yang merupakan modifier lingkungan mikro tumor dan potensial mencetuskan kejadian kanker.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA KK LP 06-19 Rej p
Uncontrolled Keywords: Diet Ketogenik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > S2 Ilmu Kedokteran Klinik
Creators:
CreatorsNIM
Purwo Sri RejekiUNSPECIFIED
Lilik HerawatiUNSPECIFIED
Mohammad AnamUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:19
Last Modified: 13 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item