FUNGSI SOSIAL MITOS BAGI MASYARAKAT ADAT SEKITAR KAWASAN HUTAN LIN DUNG BALURAN DAN GILIMANUK

IDA BAGUS PUTERA MANUABA, - and TRiSNA KUMALA SATYA DEWI, - and SRJ ENDAH KINASIH,, - (2010) FUNGSI SOSIAL MITOS BAGI MASYARAKAT ADAT SEKITAR KAWASAN HUTAN LIN DUNG BALURAN DAN GILIMANUK. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB KK2 LP 118-11 Men f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengidentifikasi mitos yang diyakini masyarakat adat sekitar kawasan butan Iindung Baturan dan Gilimanuk; 2) mengkaji fungsi sosial mitos yang diyakini masyarakat adat kawasan butan Baluran dan Gilimanuk dalam pelestarian butan; serta 3) merumuskan model pelestarian hutan yang berbasis mitos (kearifan lokal). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan etnografis; dengan data peneHtian mitos yang bidup dalam masyarakat adat sekitar kawasan hutan Iindung Baluran dan Gilimanuk beserta masyarakat pendukungnya. Model analisisnya adalah kualitatif deskriptif Temuan peneiitian ini adalah: pertama, dalam masyarakat adat kawasan butan Baluran dan Gilimanuk, terdapat mitos-mitos yang masih diyakini masyarakatnya; di Baluran, ada mitos Mbah Cungking, serta Blok Candi Bang dan Bak Manting; sedangkan di Gilimanuk terdapat mitos Pura Bakungan, Pura Tirta Segara Rupek, Pura Dang Kahyangan Dwijendra, dan Jayaprana. Kedlla, mitos memiliki fungsi so sial bagi masyarakat adat karena dapat menggerakkan tindakan sosial masyarakatnya untuk melakukan pelestarian hutan. Ketiga, model yang ditawarkan adalah model pelestarian hut an yang berbasis keyakinan masyarakat pada mitos (dengan nilai-nilai kearifan 10kaI).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK2 LP 118-11 Men f
Uncontrolled Keywords: mitos (nilai kearifan lokal), masyarakat adat, peiestarian hutan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
IDA BAGUS PUTERA MANUABA, --
TRiSNA KUMALA SATYA DEWI, --
SRJ ENDAH KINASIH,, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 13 Apr 2022 15:01
Last Modified: 13 Apr 2022 15:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item