Efek Cassiarin A Rasil Isolasi Daun Cassia Siamea Pada Aktivitas Antimalaria Dan Perubahan Morfologi Dari Plasmodium Falciparum

Wiwied Ekasari, - and Aty Widyawaruyanti, - and Indah Tantular, - and Syafruddin, - (2010) Efek Cassiarin A Rasil Isolasi Daun Cassia Siamea Pada Aktivitas Antimalaria Dan Perubahan Morfologi Dari Plasmodium Falciparum. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
2022_03_24_08_10_59.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Malaria sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan yang serius. Dilaporkan pada 2006 terdapat 247 juta kasus malaria dari 3,3 miliar penduduk dunia yang berisiko terkena malaria serta mengakibatkan hampir 1 juta kematian. Data terbaru lainnya menyebutkan sebanyak 109 negara dinyatakan sebagai wilayah endemik untuk penyakit malaria dalam tahun 200 . Penanggulangan terhadap penyakit malaria saat ini menghadapi beberapa kendala, terutama oleh muncuInya galur parasit yang resisten terhadap obat antimalaria yang ada dan belum ditemukannya vaksin antimalaria yang ideal. Oleh karena itu upaya untuk menemukan obat antimalaria baru merupakan prioritas utama program penanggulangan malaria. Cassia siamea Lamk atau yang dikenal dengan nama daerah Johar dari familia Caesalpiniaceae telah lama digunakan secara tradisional untuk mengobati malaria. Penelitian tel1 ulu dari tanaman ini menuqjukkan bahwa cassiarin A basil isolasi daun C. siamea sangat akti sebagai antimalaria dibandingkan hasil isolat lainnya Berdasarkan hal tersebut, pada pen itian kali ini akan dilakukan uji aktivitas antimalaria dari cassiarin A secara lebih spesitik dan uga efek dari cassiarin A ini pada perubahan morfologi parasit.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 94 / 11 Efe
Uncontrolled Keywords: Cassia siamea, Cassia siamea, Malaria
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Creators:
CreatorsNIM
Wiwied Ekasari, --
Aty Widyawaruyanti, --
Indah Tantular, --
Syafruddin, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:42
Last Modified: 18 Apr 2022 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item