Pengembangan Fitofarmaka Untuk Antikanker Kolon Dengan Basis Formula Campuran Ekstrak Terpurifikasi Dari Rimpang Kencur (Kaempferia Galanga Linn) Dan Herba Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness)

Sukardiman, - (2011) Pengembangan Fitofarmaka Untuk Antikanker Kolon Dengan Basis Formula Campuran Ekstrak Terpurifikasi Dari Rimpang Kencur (Kaempferia Galanga Linn) Dan Herba Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness). Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP 09 12 Suk p.pdf

Download (18MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan produk fitofannaka campuran ekstrak terpurifikasi dari rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn) dan herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) sebagai obat fitofannaka antikanker kolon. Metodologi dari penelitian ini adalah pengumpulan bahan uji, standarisasi simpilisia, pembuatan ekstrak terpurifikasi kencur denga senyawa marker etil-parametoksinamat (EPMS) dan ekstrak terpurifikasi sambiloto dengan senyawa markemya andrografolida, standarisasi ekstrak terpurifikasi, uji antikanker secara in vitro dengan sel kanker kolon WiDr, desain formulasi , studi bioavaibilitas dari kapsul , uji toksisitas kapsul campuran ekstrak terpurifikasi kencur dan sambiloto, yang meliputi toksisitas akut, sub akut, teratogenik serta uji aktivitas antikanker secara in vivo pada kanker kolon mencit hasil induksi DMBA dan uji klinik terbatas pada pasien kanker kolon di RSUD Dr Sutomo Surabaya. Hasil penelitian tahun pertama menunjukkan bahwa sampel simplisia herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) dan rimpang kencur (Kaempforia pandurata Roxb) telah dapat di dibuat fonnulasi fannasetik dalam bentuk kapsul, yang memenuhi persyaratan Fannakope Indinesia. Serta kapsul campuran fraksi aktif tersebut telah di uji efek toksisitas akut, sub akut dan teratogenik dimana kapsul tersebut tidak menunjukkan efek tosksik. Sedangkan pada pengujian antikanker secara in vivo pada hewan coba mencit yang diinduksi dengan DMBA menunjukkan aktivitas antikanker yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 09/12 Suk p
Uncontrolled Keywords: Fitofarmaka; Antikanker Kolon
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
Sukardiman, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 15 Apr 2022 05:48
Last Modified: 15 Apr 2022 05:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item