Compulsory Licensing bagi Percepatan Alih Tehnologi di Indonesia

Mas Rahmah, - (2006) Compulsory Licensing bagi Percepatan Alih Tehnologi di Indonesia. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.25-08 Rah c.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implikasi compulsory licensing bagi proses alih teknologi. Selain itu penelitian ini ditujukan juga untuk mengetahui efektivitas compulsory licensing dalam pelaksanaan alih teknologi, termasuk juga untuk mengetahui muatan compulsory licensing yang mendukung proses alih teknologi. Penelitian mengenai compulsory license sebagai sarana alih teknologi merupakan penelitian yuridis sosiologis yaitu melakukan pendekatan masalah dari segi hukum dengan pendekatan secara empiris dengan melihat fakta hukum di lapangan. Lokasi penelitian di Surabaya dan Jakarta. Sedangkan bahan hukum yang dipakai adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang kemudian dipaparkan dan dianalisa secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa compulsory license mempunyai implikasi yang sangat signifikan bagi proses alih teknologi. Kedua, efektivitas compulsory license bagi percepatan proses alih teknologi dirasa masih kurang. Ketiga, kekuatan dalam compulsory license berbeda dengan klausula yang terdapat dalam perjanjian lisensi sukarela.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.25-08 Rah c
Uncontrolled Keywords: Compulsory Licensing, Alih Tehnologi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Mas Rahmah, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 16 Apr 2022 19:41
Last Modified: 16 Apr 2022 19:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item