Genotyping sekuens nukleotida gen mycobacterium tuberculosis dari pasien TB paru dan pengembangan metode amplifikasi asam nukleat untuk penegakan diagnosis TB

Ni Made Mertaniasih and Soedarsono and Wayan T. Artama and Desak Nyoman Surya Suameitria Dewi (2018) Genotyping sekuens nukleotida gen mycobacterium tuberculosis dari pasien TB paru dan pengembangan metode amplifikasi asam nukleat untuk penegakan diagnosis TB. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKA LP.07-19 GEN.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tuberkulosis masih menjadi penyakit infeksi menular dengan tingkat beban penyakit yang tinggi. Indonesia termasuk dalam high burden countries dan pada tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat ke-2 pengendalian penyakit tuberkolosis (TB) secara efektif efisien dapat dicapai dengan usaha strategis seperti peningkatan temuan kasus TB penegakan diagnosis TB yang akurat dan cepat pemberian pengobatan adekuat dengan segera Peran diagnostik dan pengembangan terapi target kerja obat menggunakan gen esxA pada mycobacterium tuberculosis sangat penting pada kasus TB. Penegakan diagnosis TB sampai saat ini belum akurat, antara lain dipersulit dengan adanya tingkat berat ringan penyakit, beberapa teknik tidak mudah harga produk luar negeri tidak terjangkau masyarakat luas dan penentuan target kerja obat pada Canon SX yang masih belum teridentifikasi dengan jelas membuat penelitian studi genotyping sekuens gen esxA pada mycobacterium tuberkulosis dari pasien tuberkulosis paru sebagai dasar pengembangan diagnostik dan target terapi penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian: tahun III bertujuan untuk analisis profil respon imun pasien TB paru di Surabaya terhadap antigen seperti esat-6 dan 85 B serta protein derivat (PPDB), cfp 10 mpt 70 dan toksin sebagai pembanding dari mycobacterium tuberculosis. Metode penelitian tahun III: (1) transformasi plasmid yang membawa gen esxA pada bakteri E-coli BL-21; (2) produksi dan purifikasi protein; s (3) pengumpulan sampel serum dari pasien TB dari Rumah Sakit Dr. Soetomo dan orang yang didiagnosis belum pernah terjangkit TB sebagai kontrol (healthy control), (4) spasi analisis profil respon imun pada pasien TB dengan menggunakan metode Elisa.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA LP.07/19 Gen
Uncontrolled Keywords: Tuberculosis; esxA; TB Paru
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Made MertaniasihNIDN0007035703
SoedarsonoNIDN8849800016
Wayan T. ArtamaUNSPECIFIED
Desak Nyoman Surya Suameitria DewiUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 17 Apr 2022 13:26
Last Modified: 17 Apr 2022 13:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115413
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item