Perancangan primer universal mage A-12 untuk identifikasi MrNa mage A1-12 dalam upaya pengembangan marker deteksi dini kanker paru

Gondo Mastutik and Suhartono Taat Putra and Alphania Rahniayu (2018) Perancangan primer universal mage A-12 untuk identifikasi MrNa mage A1-12 dalam upaya pengembangan marker deteksi dini kanker paru. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKA LP.11-19 MAS P.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker paru merupakan penyebab kematian pertama akibat kanker. Diagnosis kanker paru biasanya pada stadium lanjut dan prognosis yang buruk dengan mortalitas masih tinggi sehingga masih diperlukan pengembangan deteksi dini kanker paru dengan menggunakan penanda molekuler yang spesifik untuk kanker. Gen melanoma antigen (MAGE) MAGE hanya diekspresikan pada sel kanker dan jaringan testis normal. Sel kanker paru jenis small cell lung cancer (SCLC) atau non small cell lung cancer (NSCLC). Mengekspresikagen MAGE A yang dapat diidentifikasi dengan teknik rewrse trollcriplase polymerase chain reaction (RT PCR). Ekspresi gen MAGE A berpotensi sebagai marker molekuler untuk pengembangan marker deteksi dini kanker paru. Gen MAGE A terdapat 12 variant yaitu MAGE A1, A2, A3, A4, AS, A6, A7, A8, A9, A10, A11, A12. Primer universal yang ada saat ini hanya mampu mendeteksi ekspresi gen MAGE variant A1 sampai A6, padahal variant lain gen MAGE yaitu variant A7. A8, A9, A10, A11, A12 juga banyak diekpresikan pada beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru. Oleh karena itu diperlukan perancangan primer universal yang mampu mengidentifikasi ekspresi gen MAGE A variant A1 sampai A12 pada kanker paru. Tujuan umum pcnelitian ini adalah mendapatkan primer universal MAGE A1-12 untuk identifikasi mRNA MAGE A1-12 dari bahan core biopsi, forcep biopsi, dan broncho alveolar lavoge (BAL) jaringan paru dalam upaya mengembangkan marker deteksi dini kanker paru. Bahan hasil core biopsi dan forcep ini merupakan masa jaringan kecil atau spesimen kecil, dimana bahan core biopsi mewakili kanker paru dengan lokasi di perifer dan bahan forcep biopsi mcwakili kanker paru dengan lokasi di central. Bahan BAL mcwakili sel epitel yang paru yang lepas dari jaringan dengan jumlah sel yang sangat sedikit. Tahun II dilakukan identifikasi mRNA MAGE A1-12 dengan menggunakan primer universal MAGE A1-12 dan diagnosis hislopatologi pada bahan hasil forcep biopsi jaringan paru. Kemudian di lakukan analisis perbandingan hasil pcmeriksaan hislopatologi dengan RT PCR mRNA MAGE A1-12.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKA LP.11/19 Mas p
Uncontrolled Keywords: Kanker Paru
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Patologi Anatomi
Creators:
CreatorsNIM
Gondo MastutikNIDN0027067304
Suhartono Taat PutraUNSPECIFIED
Alphania RahniayuNIDN0007028106
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 17 Apr 2022 14:29
Last Modified: 17 Apr 2022 14:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item