PENGEMBANGAN KONSEP "WIN-WIN SOLUTION" DAlAM KONTRAK BISNIS (UPAYA MENCARI MODEL KONTRAK YANG MENUNJANG KEGIATAN DUNIA BISNIS)

A. YUDHA HERNOKO, S.H., M.H. (2001) PENGEMBANGAN KONSEP "WIN-WIN SOLUTION" DAlAM KONTRAK BISNIS (UPAYA MENCARI MODEL KONTRAK YANG MENUNJANG KEGIATAN DUNIA BISNIS). Laporan Penelitian. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text (KKB 346 07 Her P)
KKB 346 07 Her P.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan sebagai berikuti : (I) Bagaimanakah upaya mengembangkan konsep "win-win solution" dalam kontrak bisnis yang mampu menunjang aktivitas dunia usaha ? (2) Bagaimanakah model kontrak bisnis yang mampu memberikan kepastian hukum, keadilan daan kemanfaat ( nilai tambah) bagi para pihak sesuai dengan konsep win-win solution? Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Penelitian ini bertujuan untuk mencari model kontrak bisnis yang mampu mcmberikan jaminan kepastian hukum, memberikan rasa keadilan dan kemanfaatan (nilai tambah!added vallie) bagi para pelaku usaha; (b) Diharapkan melalui ,penelitian ini akan diperoleh model kontrak win-will solulion yang ideal sehingga mampu memberikan posisi yang seimbang di antara para pihak. Dengan demikian pola kontrak win-win solution itu akan menjadi suatu simhiosis mulualisma yang saling menguntungkan dalam dunia bisnis; (c) Dari sisi praktis, beranjak dari pemikiran bahwa pranata hukum hendaknya tidak hanya dilihat dari sisi statisnya (law in book), melainkan harus diteropong dalam bentuk operasionalnya (law in action). Hal ini mengingat berperan atau tidaknya hukum hanya dapat diliha~ pada "law in aClion" dari hukum itu sendiri. Melalui penelitian ini diharapkan muncul format baru model kontrak win-win solution yang antisipatif, handal dan dinamis, serta mampu memberikan keadilan dan kepastian bagi para pihak. Melalui model kontrak ini diharapkan akan tenwujud pola hubungan saling menguntungkan (simbiosis mutualisma), yang pada akhirnya menunjang iklim usaha yang kondusif. Hasil penelitian ini kiranya dapal dimanfaatkan oleh pelbagai pihak, antara lain: Para pelaku bisnis; para contract drafter; Akademisi; Pihak lain yang membutuhkan pemahaman tentang model kontrak yang ideal.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 346 07 Her P
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Administrasi
Creators:
CreatorsNIM
A. YUDHA HERNOKO, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:09
Last Modified: 18 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item