Model Pembagian Harta Waris pada Masyarakat Samin

Soelistyowati, - and Ellyne Dwi Poespasari, - (2006) Model Pembagian Harta Waris pada Masyarakat Samin. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.33-08 Soe m.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masyarakat Samin adalah fenomena kultural yang unik dan menarik untuk diteliti. Masyarakat Samin adalah masyarakat yang masih mempertahankan tradisi dan adat yang dimilikinya secara turun temurun. Komunitas Samin merupakan bentuk pengelompokan masyarakat yang didasarkan pada ajaran tradisi hidup yang khas dalam berinteraksi dengan komunitas lain di masyarakat luas maupun dengan pemerintahannya. Penggalian dan pengembangan terhadap tradisi atau adat Samin sangat jarang dilakukan padahal Hukum Adat sebagai Hukum yang tidak tertulis berpeluang untuk dikembangkan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan penataan hukum nasional. khususnya dalam Pembentukan Hukum Waris Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi macam harta yang dapat diwaris pada masyarakat Samin serta mengetahui dan mengidentifikasi pola pembagian harta waris pada masyarakat Samin yang meliputi hak-hak janda dan anak-anak terhadap harta peninggalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ideologi, suatu pendekatan dalam penelitian hukum adat yang menekankan pada pencarian kaidah-kaidah ideal yang penelitian ini berupa kaidah yang mengatur tentang Pola Pembagian Harta Pada Masyarakat Samin. Lokasi penelitian ini adalah Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Selain itu penelitian ini berupaya mengkaji secara detail ketentuan hukum adat dan asas-asas hukum adat dan sekaligus kondisi di lapangan mengenai Pola Pembagian Harta Waris Pada Masyarakat Samin.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.33-08 Soe m
Uncontrolled Keywords: Harta Warisan, Masyarakat Samin
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Soelistyowati, --
Ellyne Dwi Poespasari, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:04
Last Modified: 18 Apr 2022 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115454
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item