Efektifitas Pemanfaatan Airlangga Digital Library Network (ADLN) untuk Mengakses Informasi bagi Mahasiswa Universitas Airlangga

Endang Fitriyah Mannan and Tri Susantari, - (2006) Efektifitas Pemanfaatan Airlangga Digital Library Network (ADLN) untuk Mengakses Informasi bagi Mahasiswa Universitas Airlangga. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.36-08 Man e.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan pengaruh yang positif pada kehidupan masyarakat. Pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang telah dilakukan dengan sistem komputerisasi. Demikian halnya dengan perpustakaan sebagai sebuah lembaga yang menyediakan, mengolah dan menyebarkan mformasi dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna dengan mudah, cepat dan akurat. Pengadopsian dua teknologi baru yaitu intemet dan web merupakan pendorong. utama terbentuknya perpustakaan digital. Dengan perpustakaan digital, konsep berbagi sumber daya yang selama ini terbentur oleh berbagai hal, benar-benar bisa dilaksanakan dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan ADLN untuk mengakses informasi bagi mahasiswa Universitas Airlangga dan mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas pemanfaatan ADLN untuk mengakses informasi bagi mahasiswa Universitas Airlangga. Jenis penelitian adalah penelitian survey deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Airlangga yang pemah menggunakan fasilitas ADLN. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non random yaitu accidental sampling, adalah suatu penarikan sarnpel yang menekankan pada unsur kebetulan. Lokasi penelitian ini mengambil tempat di UPT Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, tepatnya di kampus B. Hal ini dikarenakan layanan ADLN yang sudah dimanfaatkan pengguna ada di kampus B. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, emudian dianalisa menggunakan data statistik deskriptif, yaitu uraian yang berupa penggambaran untuk menjelaskan jawaban-jawaban yang diberikan responden dalam kuesioner: Hasil penelitian menggambarkan bahwa secara umum dikatakan ADLN sudah efektif digunakan untuk mengakses informasi karya ilmiah bagi mahasiswa Unair. Sebagian besar responden menyatakan bahwa bisa menelusur informasi melalui ADLN dengan mudah, cepat dan tepat. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas ADLN adalah fasilitas membership ADLN, tempat mengakses ADLN yang lebih memilih di perpustakaan unair karena bisa mendapatkan informasi berbentuk fulltext, informasi mengenai fasilitas ADLN, tujuan akses informasi, tampilan ADLN yang menurut responden menarik, kualitas isi informasi yang disediakan oleh ADLN, hambatan- hambatan yang ditemui responden ketika mengakses informasi melalui ADLN. Menurut responden kadang-kadang server down/ error disaat mereka mengakses, data yang diperoleh tidak sesuai/ kurang lengkap, lambat saat mengakses, perbedaan kode saat dokumen diakses manual, tidak bisa di download, jumlah komputer untuk mengakses ADLN sangat terbatas dan belum masuknya semua koleksi karya ihniah sivitas akademika Universitas Airlangga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi ilmiah di bidang ilmu informasi dan perpustakaan dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja perpustakaan untuk lebih berkembang di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.36-08 Man e
Uncontrolled Keywords: Airlangga Digital Library Network (ADLN); Mengakses Informasi, Mahasiswa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Endang Fitriyah Mannan-
Tri Susantari, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:49
Last Modified: 18 Apr 2022 04:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115462
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item