Bolus Serbuk Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) Dan Temu Hitam (Cur cuma aeruginosa) Untuk Meningkatkan Kualitas Susu Sapi Perah

Halimah Puspitawati, - and Sri Subekti, - and Retno Sri Wahjuni, - and Angela Mariana L, - and Sri Mumpuni Sosiawati, - (1999) Bolus Serbuk Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) Dan Temu Hitam (Cur cuma aeruginosa) Untuk Meningkatkan Kualitas Susu Sapi Perah. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (fulltext)
2022_03_28_11_47_25.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu bahan makanan asal hewan yang bergizi tinggi adaleh susu sapi. Oleh sebab itu usaha untuk meningkatkan kualitas susu selalu diupayakan oleh peternak. Rimpang temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) dan temu hitam (Curcuma aeruginosa) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia, dan digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Informasi mengenai rimpang temu lawak dan temu hitam sebagai chat penanggulangan kecacingan dan pemacu pertumbuhan telah terbukti. Dari uraian di atas timbul permasalahan : Apakah rimpang temu lawak, temu hitam dan kombinasinya dapat membantu meningkatkan kualitas susu yang meliputi Beret Janis (BJ), kadar lemak dan kadar protein.Penelitian ini bertujuan untuk mencari bahan tumbuhan yang efektif dapat membantu peternak Aalam meningkatkan kualitas susu yang meliputi BJ (Beret Jenis), kadar lemak dan kadar protein. Diharapkan hasilnya dapat memberi informasi pada peternak untuk memanfaatkan tumbuhan tradisional guna menjaga kesehatan sapi perah juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas susu. Hipotesis penelitian ini adalah bolus serbuk temu lawak, temu hitam Berta campurannya dapat meningkatkan Herat Jenis (BJ), kadar lemak dan kadar protein susu. Pemberian bolus serbuk temu lawak, temu hitam serta campurannya dapat meningkatkan BJ, kadar lemak dan kadar protein pada pemerahan pagi dan sore hari.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK 636.208 557 Bol
Uncontrolled Keywords: Temulawak , Curcuma xanthorrhiza,Temu Hitam,Cur cuma aeruginosa, susu, sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Halimah Puspitawati, --
Sri Subekti, -NIDN0017055202
Retno Sri Wahjuni, -NIDN0006035602
Angela Mariana L, --
Sri Mumpuni Sosiawati, -NIDN0028015303
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:17
Last Modified: 19 Apr 2022 07:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115582
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item